Wajib Isi Sipol, Sembilan Parpol Sama Sekali Belum Input Data

Komisioner KPU Viryan Azis (ke-2 kiri) dan Wahyu Setiawan (ke-3 kiri) bersama komisioner lainnya usai memberi keterangan pers soal pendaftaran parpol peserta Pemilu 2019 di Jakarta, Senin, 2 Oktober 2017 (Foto: sindonews.com - GOOD INDONESIA)

Jakarta – Komisioner KPU RI Viryan Azis mengingatkan kepada pengurus partai-partai politik agar segera mengisi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Tanpa memasukkan data dan informasi pada Sipol 100 persen, proses pendaftaran manual di KPU tidak dapat dilaksanakan.

Viryan mengingatkan hal itu sebab waktu pendaftaran parpol peserta Pemilu 2019 akan ditutup pada 16 Oktober mendatang. Tersisa beberapa hari. Pengurus parpol dituntut benar-benar cermat mengikuti tahapan pendaftaran agar rampung sebelum batas akhir (deadline).

Sejak waktu pendaftaran dibuka pada 3 Oktober lalu, baru satu parpol yang mendaftar ke KPU RI yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Pengurus parpol baru ini mendaftarkan partainya pada Senin, 9 Oktober 2017.

“Sipol wajib dan penting diinput 100 persen, kemudian parpol tersebut bisa daftar ke KPU. Kalau belum 100 persen, belum bisa daftar,” ungkap gamblang Viryan di kantor KPU RI, Jakarta, Senin, 9 Oktober 2017.


Sesuai Regulasi

Viryan mengungkapkan belum semua parpol mengisi Sipol yang disiapkan KPU RI. Beberapa partai bahkan belum mengisi Sipol sama sekali.

“Sudah ada 11 Parpol yang menginput datanya di Sipol di atas 75 persen. Sepuluh parpol masih entry tetapi belum sampai 75 persen. Sembilan partai nol persen. Itu kondisi Sipol yang bisa kami sampaikan per hari ini,’ ungkapnya.

[Baca juga: Tersisa 8 Hari, PPP Kerepotan Rampungkan Persyaratan Pendaftaran Parpol]

Ditanya pers rinci parpol dimaksud, Viryan enggan mengungkapkan. Dia cuma menjawab, “Kalau yang 75 persen itu ada parpol peserta Pemilu 2014 dan partai baru.”

Untuk membantu partai politik peserta Pemilu 2019 mengisi Sipol, KPU telah menyiapkan tim khusus. Parpol yang merasa kesulitan bisa datang langung ke KPU atau menghubungi tim Sipol.

“Kami mengerjakan apa yang digariskan regulasi. Kami bikin tim help desk. Jadi bisa berkonsultasi. Help desk KPU stand by. Kita membuat ruang pendaftaran. Kita siapkan 10 kelompok. KPU siap terima pendaftaran 10 partai sekaligus,” papar Viryan.

Viryan juga mengungkapkan KPU sebelumnya sudah melakukan berbagai pelatihan dan pertemuan dengan pengurus parpol mengenai pengisian Sipol. “Kami sudah lakukan sosialisasi pada 73 partai politik yang terdaftar di Kemenkum dan HAM,’ katanya. []Madi Cakra


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here