Dukung Jokowi di Pilpres 2019, PPP Isyaratkan Duet Nasionalis-Religius

Presiden RI Joko Widodo saat melakukan kunjungan ke Amerika Serikat (Istimewa/kspgold)

Jakarta – Partai Persatuan Pembangunan (PPP), merepresentasikan kriteria calon wakil presiden (cawapres) pendamping Joko widodo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 harus dari kalangan Islam.

Sikap partai berlambang ka’bah ini mengacu pada keputusan Mukernas II di Ancol yang mendukung Joko Widodo sebagai calon presiden di Pemilu 2019 mendatang.

“Sampai saat ini belum mengarah pada figur tertentu, tetapi kriteria calon sudah kita petakan untuk mendongkrak pilihan pak Jokowi,” ujar Sekretaris Jenderal PPP Ahmad Baidowi kepada PemiluUpdate.com di Gedung Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Senin, 16 Oktober 2017.

Namun ia memberi bocoran kriteria calon pendamping Jokowi dalam Pemilu 2019, haruslah representasi dari kalangan Islam. “Karena muslim di Indonesia itu mayoritas,” katanya.

Menurutnya, perwakilan dari kelompok Islam akan memperkuat Jokowi untuk memenangi Pemilu 2019 dan menjabat sebagai Presiden untuk kedua kalinya. Karena kelompok Islam yang mayoritas sebagai kunci kemenangan.

“Kalau dibawa ke election itu jumlahnya signifikan untuk mendongkrak kemenangan. Pak Jokowi dari kalangan nasionalis, kalau Wapres itu dari kalangan Islam akan terjadi koalisi nasionalis religius dan saling melengkapi,” tandas Baidowi.

Baidowi mencontohkan duet nasionalis religius itu seperti yang terjadi pada pemerintahan, Jokowi-JK saat ini. Meski ke depan mungkin Jokowi tak berpasangan lagi dengan JK.

“Ke depan pak Jokowi bisa jadi dengan salah satu tokoh Islam di Indonesia. Karena kita mencari figur yang bisa mendongkrak elektabilitas pak Jokowi. Jangan sampai mencari figur yang sama, satu rumpun,” katanya.

Dirinya menegaskan, keputusan tertinggi partainya untuk mendukung Jokowi di Pilpres 2019 sampai saat ini belum berubah.

“Ya untuk Pilpres 2019, PPP saat ini mengacu kepada keputusan Mukernas II di Ancol yang memutuskan secara aklamasi untuk mendukung pak Jokowi pada 2019. Kalau pun nanti ada evaluasi tetap di forum setingkat yaitu Mukernas,” pungkas Baidowi. []Madi Cakra


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here