80 Anggota Panitia Pemilu Kecamatan Bandung Barat Dilantik

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat-Jawa Barat Iing Nurdin (Istimewa/limawaktu.id)

Bandung Barat – Sebanyak 80 petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, dikukuhkan dan dilantik. Mereka hasil seleksi 264 pelamar.

Pelantikan yang dilaksanakan di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Senin, 30 Oktober 2017, dipimpin Ketua KPU KBB Iing Nurdin. Turut menghadiri acara Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat dan Bupati Bandung Barat Abubakar.

Iing saat menyampaikan sambutan mengatakan pelantikan PPK bagian tahapan pilkada. Para petugas hasil rekrutmen yang dilakukan terbuka selama 13-16 Oktober 2017.

“Total pendaftar 264 orang. Terjaring 80 orang. Mereka akan ditempatkan di 16 kecamatan. Masing-masing kecamatan terdiri atas lima orang PPK,” kata Iing.

Usai pelantikan, para anggota PPK langsung mengikuti bimbingan teknis (bimtek). Selanjutnya, tepatnya pada 3 November 2017, mereka memfasilitasi pelaksanaan seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) di masing-masing kecamatan. Mereka juga akan dilibatkan dalam proses wawancara dan juga mempersiapkan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) pada Desember.

Menurut Iing, petugas PPK yang baru dilantik tersebut bekerja dalam cakupan Pilkada KBB 2018 dan Pemilu Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018, serta Pemilu 2019. Mereka akan dibantu sekretaris PPK dan dua staf bidang kesekretariatan yang berasal dari PNS di masing-masing kecamatan.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Bandung Barat Abubakar menegaskan pemerintah daerah berkewajiban memfasilitasi anggaran dan fasilitas lainnya demi sukses pesta demokrasi di KBB. Keberhasilan penyelenggaraan pemilu berpulang kepada penyelenggara, sisi SDM dan teknis. []MDD


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here