Pilkada Jabar-Jatim-Sulbar-Papua Rawan, Wiranto Kumpulkan Menteri

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto memberi keterangan pers di kantornya (Istimewa/kemenag.go.id)

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Pulhukam) Wiranto mendadak memanggil tiga menteri di bawah koordinasinya. Rapat yang tidak terjadwal ini khusus membahas pelaksanaan Pilkada 2018. Ada persoalan genting?

Menteri yang mengikuti rapat di Kantor Kemenko Pulhukam, Jakarta Pusat, Rabu, 1 November 2017, yakni Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Sekitar pukul 14.00 WIB, keempat pembantu Presiden RI tersebut telah berkumpul Jalan Medan Merdeka Barat No. 15, Jakarta Pusat. Rapat berlangsung sekitar 1,5 jam.

Usai pertemuan, Wiranto menegaskan kepada wartawan bahwa mereka membahas persiapan pemerintah menghadapi potensi kerawanan pilkada.

[Baca juga: Oktober, Bawaslu Luncurkan Indeks Kerawanan Pemilu Antisipasi Kecurangan]

“Tadi saya minta penjelasan dari Mendagri, seputar masalah yang menyangkut persiapan pilkada. Daerah-daerah mana yang kami rasa masih rawan. Kemudian kami cek lebih jauh kerawanannya bidang apa, kami koordinasikan dengan harapan menjelang pilkada, indeks kerawanannya sudah selesai, sudah diatasi semua,” paparnya.

Ditambahkan, pemerintah terus berupaya guna mengatasi kondisi di berbagai daerah jelang Pilkada 2018 yang cenderung fluktuatif.


Belum Ekstrem

Berdasarkan berbagai pemantauan dan analisis, menurut Wiranto, pemerintah mencatat beberapa daerah yang menghadapi ancaman kerawanan cukup tinggi; Jawa Barat (Jabar), Jawa Timur (Jatim), Sulawesi Barat (Sulbar), dan Papua. Walau menyebut rawan, Menko Polhukam menyebutkan belum menyentuh garis ekstrem.

[Baca juga: Bawaslu: Praktik Curang masih Ancam Pilkada 2018 dan Pemilu 2019]

“Saya kira semuanya masih pada batas-batas yang dapat kami netralisasi, belum ekstrem. Mudah-mudahan tidak ke sana, maka kami terus melakukan rapat koordinasi untuk terus mencoba mengendalikan kondisi di lapangan supaya tetap kondusif,” Wiranto menjelaskan.

Wiranto menyatakan pemerintah melalui berbagai elemennya berusaha agar pesta demokrasi lima tahunan di 171 daerah pada 2018 tetap aman dan lancar. Sukses pilkada menentukan kualitas pemimpin yang terpilih nantinya. []ALY


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here