KPU Persoalkan Status Produk Sidang Bawaslu atas Gugatan 10 Parpol

Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta (Istimewa/globalindo.co)

Jakarta – Komisioner KPU Hasyim Asyari mempertanyakan status produk persidangan gugatan 10 parpol kepada KPU di Bawaslu, yang sedang bergulir. Ke-10 parpol menggugat KPU karena memutuskan status pendaftarannya sebagai calon peserta Pemilu 2019, ditolak alias gagal.

“Kepastian produk persidangan ini penting karena akan memberikan konsekuensi hukum berbeda bagi KPU,” kata Hasyim di Gedung Bawaslu, Jakarta, Kamis, 2 November 2017.

Hasyim mempertanyakan apakah produk persidangan Bawaslu tersebut berupa “putusan” atau “keputusan” Bawaslu. Kedua status mempunyai konsekuensi masing-masing, yang berbeda bagi KPU.

Ia menjelaskan bila hasil persidangan menghasilkan keputusan Bawaslu, itu berarti badan ini memosisikan diri sebagai lembaga tata usaha negara. Bila hasil persidangan menghasilkan putusan Bawaslu, berarti hal tersebut menjadi sebuah vonis. Bawaslu dalam hal ini memosisikan diri sebagai lembaga peradilan.

“Yang jelas putusan itu vonis. Konsekuensinya berbeda. Kan, ada aturannya bahwa kalau pelanggaran sifatnya final dan mengikat, tapi kalau ini dianggap sengketa, ada upaya lain, setelah putusan Bawaslu, ke PTUN,” paparnya.

[Baca juga: KPU Yakin Tak Keliru Tolak Pendaftaran Tujuh Parpol]

Atas dasar itu, kata Hasyim, KPU mempertanyakan apa yang akan dihasilkan dalam persidangan Bawaslu tersebut. KPU sendiri, sesuai Undang-Undang, diberikan hak menjawab gugatan ke-10 partai, yang gugatannya dilegitimasi Bawaslu. 

Meski mempertanyakan, aku Hasyim, KPU menyatakan akan menjalankan putusan apapun hasil persidangan Bawaslu nanti. 

“Kalau putusannya mengatakan, mohon maaf (permohonan pelapor) tidak diterima, ya, selesai. Tidak ada jalan yang lain karena dalam penanganan pelanggaran administrasi, kan, putusannya final dan mengikat. Begitu juga kalau KPU diminta untuk mengakomodir (permohonan pelapor), ya, kami mengikuti putusan,” Hasyim menyampaikan jaminan. []Madi Cakra


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here