Iwan Sulandjana Segera Diganti, Dede Yusuf Tidak Direstui

Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat Iwan R. Sulandjana dan anggota Fraksi Demokrat DPR RI Dede Yusuf (Istimewa/politiktoday.com)

Kota Bandung – Saat dinamika penggodokan pasangan calon gubernur-wakil gubernur semakin seru, karena aksi “saling kunci” parpol dalam berburu figur –antara lain, DPD Partai Demokrat Jawa Barat (Jabar) menggelar pergantian tampuk pimpinan.

Agenda ini salah satu sesi utama Musyawarah Daerah (Musda) IV DPD Partai Demokrat Jabar pada 11-12 November 2017. 

Beberapa nama kandidat muncul ke permukaan. Mereka bakal menduduki kursi ketua yang selama dua periode dikuasai Iwan R. Sulandjana. Di antaranya Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Irfan Suryanagara, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jawa Barat Herlas Juniar, serta Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

“Saya sudah menjabat dua periode, jadi tidak akan kembali mencalonkan. Masa jabatan saya akan berakhir 12 November 2017,” ujar Iwan kepada PemiluUpdate.com di Kota Bandung, Minggu, 5 November 2017.

Ditambahkan, musda digelar di Hotel Homan, Kota Bandung. Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrat Hinca Pandjaitan dijadwal mengawal langsung pelaksanaan musda DPD provinsi terbesar ini.

[Baca juga: Poros Baru Solid, Iwan Sulandjana: Terserah PKS Gabung atau Tidak]

Siapapun ketua DPD yang baru, kata Iwan lagi, langsung berhadapan dengan tantangan berat. Demokrat menghendaki dapat memenangi hajat pemilu gubernur (Pilgub) dan pemilu bupati (pilbup)/pilwalkot di 16 kabupaten/kota se-Jawa Barat.

“Tantangan di depan mata adalah bagaimana upaya agar memenangi pilgub dan pilkada di kabupaten/kota. Setelah itu fokus di Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019,” tandas Iwan.

Saat ditanya apakah musda nanti akan mengeluarkan nama duet calon gubernur-wakil gubernur Jawa Barat, Iwan enggan memberi penjelasan.


Dede Yusuf Tidak Direstui

Informasi yang dimiliki PemiluUpdate.com, nama Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat Iwan R. Sulandjana muncul dalam bursa calon gubernur atau wakil gubernur. Hal sama di Partai Gerindra, Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Barat Mulyadi juga menjadi salah satu calon pada Pilgub Jawa Barat 2018.

Nama kandidat itu muncul dalam pertemuan Poros Baru yang beranggota Demokrat, Gerindra, PAN, dan PPP. Belakangan PPP hengkang dan bergabung ke koalisi Partai Nasdem.

Nama figur yang juga didorong oleh partai SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) yakni mantan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2008-2013 Dede Yusuf, yang kini anggota DPR RI. Namun, belakangan DPP Partai Demokrat tak merestui Dede turun ke arena Pilkada Jawa Barat sebab ditugasi lebih fokus sebagai ketua Komisi IX DPR RI. []Herry Febrianto/RE


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here