Parpol Harap Gugatan ke KPU tak Ganggu Pelaksanaan Pilkada dan Pemilu

Ketua DPP Partai Gerindra Nizar Zahro menjadi narasumber diskusi "Menyongsong Pelaksanaan Pemilu yang Aman dan Damai" di Jakarta, Kamis, 9 November 2017 (Madi Cakra/PemiluUpdate.com)

Jakarta – Persidangan gugatan 10 parpol dengan KPU RI masih bergulir di Bawaslu RI. Partai Gerindra berharap sengketa ini tidak mengganggu pelaksanaan tahapan Pemilu 2019 dan Pilkada serentak 2018.

“Parpol yang tidak lolos biarkan itu hak mereka untuk menggugat. Bawaslu yang memutuskan. Prinsipnya KPU dan Bawaslu tidak boleh terlena terhadap tahapan-tahapan pilkada dan pemilu ini,” kata Ketua DPP Partai Gerindra Nizar Zahro usai diskusi “Menyongsong Pelaksanaan Pemilu yang Aman dan Damai” di Jakarta, Kamis, 9 November 2017.

Terganggunya tahapan pilkada dan pemilu akibat sengketa KPU dengan parpol dapat memicu konflik. Soalnya adalah tahap pilkada sedang berjalan dan mulai memasuki sesi yang semakin krusial. Masalah lain yakni pelaksanaan pilkada sangat berdekatan dengan jadwal pemilu.

Anggota Komisi V DPR RI tersebut menambahkan Pilkada serentak 2018 yang dilaksanakan di 171 daerah, antara lain, digelar di Jawa Barat (Jabar), Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah (Jateng), Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan. Kelima provinsi ini terhitung berpenduduk paling padat di Indonesia.

“Ya, memang ini agak rentan karena ini basis-basis utama. Daerah dengan jumlah penduduk terbesar ikut melaksanakan Pilkada serentak 2018,” ujarnya.

[Baca juga: Detail Tahapan Pilpres dan Pileg 2019]

Dengan jadwal ketat antara pelaksanaan pilkada dan pemilu, maka KPU dan penyelenggaraan pemilu lainya harus menyiapkan strategi khusus. Nizar mengingat potensi konflik yang tinggi. 

“Kalau itu semua sudah bisa terimplementasikan, insya Allah aman terkendali,” katanya. 

Nizar menambahkan ada empat potensi pemicu konflik yang harus dihindari dan diawasi semua pihak dalam pilkada dan pemilu. Keempat pemicu tersebut adalah Daftar Pemilih Tetap (DPT), netralisasi aparatur sipil negara (ASN), netralitas penyelenggara pemilu dan kesiapan kandidat serta tim sukses untuk menerima kekalahan. []Madi Cakra


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here