Aktivis Pemilu Harap Panwaslu Tindak Adil KPU Pamekasan

Ilustrasi: Logo Panwaslu Kabupaten Pamekasan dan KPU (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)

Pamekasan – Pemerhati pemilu yang menamakan diri Aliansi Rakyat Oposisi Pamekasan (Araop) berharap Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pamekasan bertindak dan memutuskan sesuatu sesuai kewenangannya.

Aktivis Araop menyampaikan hal itu terkait dugaan kejanggalan rekrutmen calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dilaksanakan KPU Pamekasan, beberapa waktu lalu.

“Semoga Panwaslu ambil tindakan sesuai wewenang. Kami berencana melanjutkan masalah ini ke DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu),” kata Juru Bicara Araop Sayuti di Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu, 18 November 2017.

Disinggung soal upaya Panwaslu yang sudah memanggil dua saksi di Kantor Panwaslu di Jalan Segara 66 Pamekasan, ia berharap hal itu bisa menemukan solusi pemecahan masalah yang ada. “Pemanggilan dua saksi ini semoga bisa menemukan titik temu yang jelas,” harapnya.

Sebagai pelapor dalam persoalan tersebut, pihaknya juga telah diperiksa jajaran Panwaslu. “Dalam pemeriksaan itu kami hanya ditanya apa dugaan tersebut riil. Kami bilang laporan itu up to date dari website KPU. Makanya kami laporkan,” jelasnya.

“Jika terdapat indikasi kesalahan dan terbukti bersalah, kami harap diproses sesuai perundang-undangan yang berlaku tanpa harus mencederai momentum pesta demokrasi,” tukas Sayuti lagi.


Bukti Pelanggaran

Araop mendatangi Kantor Panwaslu Pamekasan pada Senin (13/11/2017). Protes dugaan pelanggaran rekrutmen PPS, khususnya di Desa Sana Tengah, Kecamatan Pasean.

[Baca juga: Diringkus KPK, Demokrat: Bupati Pamekasan Bukan Pengurus Partai]

Saat itu, aktivis diterima langsung anggota Panwaslu Pamekasan, di antaranya Divisi Hukum dan Penindakan Hanafi, Divisi SDM Suryadi, dan staf Panwaslu Bidang Hukum Khairil Anwar.

Dalam pelaporan, mereka menyertakan bukti laporan yang dikeluarkan KPU Pamekasan. Di antaranya hasil pengumuman peserta lulus tes tulis.

Pada kesempatan yang sama, Divisi Hukum Panwaslu Pamekasan Hanafi menyampaikan akan segera melakukan kajian ulang terhadap persoalan yang dilaporkan aktivis. []RHD


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here