Gelar Rakor, KPU Bantaeng Tegaskan ASN Wajib Netral

Ilustrasi: Aparatur Sipil Negara (ASN) bersiap melakukan upacara rutin (Foto: Ridwan Ewako - GOOD INDONESIA)

Bantaeng – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantaeng menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama Polres Bantaeng, Kesbangpol Kabupaten Bantaeng, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bantaeng di Aula KPU Bantaeng, Sabtu, 30 Desember 2017.

Rakor bertema “Tantangan dan Peluang Bersama Dalam Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Bantaeng”. Kegiatan diikuti 67 kepala desa/kelurahan, serta ketua dan anggota PPK se-Kabupaten Bantaeng.

Ketua KPU Bantaeng Nurbaeti saat membuka kegiatan menegaskan bahwa seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara), termasuk penyelenggara serta aparat desa/kelurahan, wajib menjaga netralitasnya pada Pilkada 2018.

“Tahapan Pilkada serentak 2018 di Kabupaten Bantaeng per 30 Desember 2017 ini, kita akan menerima DP4. Saat ini juga sedang berlangsung tahapan perekrutan PPDP, yang akan dikirim ke KPU Pusat pada 3 Januari,” ujarnya.

Nurbaeti menambahkan sekitar seminggu ke depan ada tahapan pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) jalur parpol maupun independen. Tepatnya pada 8-10 Januari 2018.

[Baca juga: Anggota KPU dan KIP Wajib Mundur dari Kepengurusan Ormas]

KPU Bantaeng pun bakal menggelar sosialisasi pemeriksaan kesehatan bagi bapaslon di Pantai Marina. KPU menggandeng tiga institusi yakni Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulawesi Selatan (Sulsel), Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulsel, dan Himpunan Psikolog Indonesia (HIMPSI) Sulsel. Pemeriksaan kesehatan dilakukan pada 11 Januari 2018.

Penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Bantaeng yang akan bertarung diputuskan pada 12 Februari 2018.

“Setelah penelitian berkas bapaslon, maka 12 Februari dilakukan penetapan berapa pasangan calon yang akan bertarung pada 27 Juni 2018,” ujar Nurbaeti lagi.

Setelah penetapan pasangan calon, tiga hari kemudian masuk masa kampanye. Debat kandidat, diselenggarakan satu kali.

Nara sumber rakor yakni Kapolres Bantaeng AKBP Adip Rojikan, Perwakilan Kesbangpol Bantaeng Riswan, Perwakilan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bantaeng Amir, dan Ketua Panwaslu Bantaeng Muhammad Saleh. []GOOD INDONESIA-EMD


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here