Wali Kota Salatiga Sarankan Sudirman Gandeng Rustriningsih agar Menang

Rustriningsih, mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah. Namanya kerap disebut-sebut pada Pilkada 2018 (Istimewa/twitter.com)

Semarang – Wali Kota Salatiga Yulianto menyarankan agar mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng) 2008-2013 Rustriningsih dipilih sebagai pendamping Calon Gubernur Jateng Sudirman Said. Ia berpendapat pasangan Sudirman-Rustriningsih berpotensi besar memenangi ajang Pilgub Jateng 2018.

Sudirman Said, mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), ditetapkan DPP Partai Gerindra sebagai jagoannya pada Pilkada 2018. Kompetitornya, antara lain, kandidat petahana Gubernur Jateng sekarang, Ganjar Pranowo (PDIP).

Yuliantono menandaskan popularitas dan elektabilitas Rustriningsih di masyarakat Jateng masih tinggi. “Kinerja dan prestasi Rustriningsih sudah jelas. Beliau memimpin Kebumen dua periode, ditambah mendampingi Pak Bibit memimpin Jawa Tengah dari 2008 sampai 2013,” kata Yulianto di Semarang.

Selain soal popularitas dan elektabilitas, duet Sudirman-Rustringsih cukup tepat. Upaya pemenangan pasangan ini semakin muda dari sisi pembagian kerja penggalangan suara. Sudirman memiliki basis kuat di Jateng bagian Utara, sedangkan Rustriningsih di bagian tengah dan selatan.

Memasuki 2018, Sudirman belum menentukan pilihan calon wakil gubernur Jateng. PAN menawarkan kadernya, Taufiq Kurniawan.


Kandang Banteng

Jateng sebagai provinsi kandang banteng moncong putih (PDIP). Lawan beratnya kandidat incumbent. Ganjar dipastikan akan berjuang untuk memperpanjang masa pengabdiannya di Jateng sebagai gubernur.

[Baca juga: Elektabilitas Calon Gubernur Jateng: Ganjar Teratas, Ferry Juliantono Kedua]

Ada kalkulasi bahwa Sudirman harus bekerja keras guna mendulang simpati pemilih. Pertama, soliditas partai pengusung –termasuk relawan di dalamnya– harus solid dan masif gerakannya. Kedua, referensi tokoh yang meng-endorse.

Ketiga, kapital politik Sudirman harus kuat. Keempat, kemampuan pemetaan politik secara tepat. Kelima, tak kalah pentingnya, ketepatan penetapan calon wakil gubernurnya.

Sejauh ini, Sudirman asal Brebes yang tak diragukan integritasnya ini diusung Gerindra, PKS, dan PAN.


Kursi Parpol

Total kursi di DPRD Jateng berjumlah 100 kursi. Untuk mengusung pasangan kandidat pilgub, parpol minimal memiliki 20 kursi.

PDIP berada di urutan teratas kepemilikan kursi, yakni 31. PKB di posisi kedua dengan 13 kursi. Gerindra 11 kursi, PKS dan Golkar 10. Demokrat 9 kursi, sementara PAN dan PPP menguasai delapan kursi. []SYK


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here