KPU Kota Sukabumi Manfaatkan ‘Google Maps’ buat Info Lokasi TPS

KPU Kota Sukabumi memaparkan pemanfaatan Google Maps untuk memudahkan pemilih menuju TPS (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)

Kota Sukabumi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi melakukan terobosan guna memudahkan pemilih. Salah satu bentuknya yakni memanfaatkan layanan Google Maps.

“Langkah ini untuk memudahkan masyarakat, khususnya pemilih, dalam mencari lokasi TPS (Tempat Pemungutan Suara) secara online. Disiapkan data lengkap dengan nama dan nomor kontak petugas TPS-nya,” ujar Divisi Perencanaan Program dan Data KPU Kota Sukabumi Harlan Awaludin kepada PemiluUpdate.com di Kota Sukabumi, Rabu, 3 Januari 2018.

Caranya cukup mudah, jelas Harlan, masyarakat cukup mengakses Google Map yang di-share secara otomatis oleh KPU Kota Sukabumi melalui berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Setelah diakses, nantinya akan terlihat peta Kota Sukabumi dengan lokasi 527 TPS yang sudah ditandai.

[Baca juga: KPU Kota Sukabumi Wanti-wanti ASN Wajib Netral]

Ditambahkan, layanan Google Map tersebut akan disosialisasikan kepada masyarakat 20 Januari 2018, mulai sejak pelaksanaan tahapan proses pencocokan dan penelitian Daftar Pemilih Tetap (DPT). Saat ini untuk sementara hanya konsumsi petugas.

“Peta lokasi TPS ini bisa diakses di seluruh wilayah tanah air, melalui gadget maupun komputer atau laptop,” kata Harlan.

Lebih lanjut, Harlan mengatakan meski menggunakan layanan secara online atau daring, KPU Kota Sukabumi tetap mengantisipasinya dengan layanan secara offline. “Jika terjadi gangguan jaringan, bisa di-backup secara offline,” ujarnya. ()Herry Febrianto


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here