Gerindra Usung Duet Agus-Tanribali, Dukungan masih Kurang

Calon Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu'mang yang diusung Partai Gerindra pada Pilkada 2018 (Istimewa/polbis.co)

Jakarta – Calon Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Agus Arifin Numang resmi diusung Partai Gerindra pada Pilgub 2018. Surat rekomendasi diserahkan langsung Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediamannya di Jakarta, Kamis malam, 4 Januari 2018.

Tak sekadar surat keputusan pencalonan, Agus menerima rekomendasi dalam bentuk formulir B1-KWK yang digunakan untuk mendaftar ke KPU.

Dalam surat rekomendasi yang ditandatangani Prabowo Subianto dan Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani tertera Agus berpasangan dengan Achmad Tanribali Lamo, calon wakil gubernur.

“Berkat bantuan dan doa para relawan dan pendukung semuanya, saat ini SK dari Partai Gerindra sudah di tangan. Saya dan Pak Tanribali akan menjalankan amanah ini sebaik-baiknya,” katanya.

Diusung Gerindra, duet Agus-Tanribali dipastikan memenuhi syarat jumlah kursi parpol pengusung. Gerindra bersama PBB memiliki total 12 kursi. Gerindra 11 dan PBB satu kursi. Masih dibutuhkan lima kursi lagi untuk mencukupi syarat minimal usungan, yakni 17.

Agus menegaskan dirinya yakin dapat merangkul parpol lain untuk memenuhi syarat dukungan. Ia bahkan menyebutkan akan menggelar deklarasi partai pengusung dan secara pasangan, sebelum mendaftar di KPU pada 10 Januari mendatang, hari terakhir pendaftaran.

“Untuk melengkapinya tunggu dalam waktu dekat. Pendaftaran, kan, Januari. Rencananya kami akan deklarasi partai pengusung dan pasangan calon sebelum melakukan pendaftaran pada 10 Januari nanti,” lanjutnya.

Saat ini pasangan calon gubernur (cagub)-wakil gubernur (cagub) Sulsel melalui jalur parpol sebanyak tiga paket: Agus Arifin Numang-Tanribali Lamo (AgangTa Bagus), Nurdin Halid-Abdul Azis Qahar Mudzakkar (NH-Azis), dan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan).


Profil Singkat

Agus adalah wakil gubernur Sulsel tiga periode. Pertama, mendampingi Gubernur Amin Syam pada 1 Oktober 2004-8 April 2008. Kedua, berduet dengan Syahrul Yasin Limpo (dua periode) sejak 8 April 2008 sampai sekarang.

Sebelum berkiprah di eksekutif, Agus menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sulsel pada 2003-2004 dan kurun 2004-2008.

Sedangkan cawagub Tanribali berlatar belakang TNI yang memiliki catatan karier panjang di pemerintahan. Pangkat terakhirnya mayor jenderal (mayjen).

Menjabat sebagai Direktur Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik, Kementerian Dalam Negeri, sejak 2009, membawa pria kelahiran Kabupaten Bone, Sulsel, ini dipercaya menjadi pejabat gubernur di Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Maluku Utara. []MIH


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here