Muhaimin: PKB Serahkan Soal Pengganti Azwar Anas pada PDIP

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (Istimewa/indeksberita.com)

Jakarta – Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar menanggapi kabar pengunduran diri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas selaku calon wakil gubernur (cawagub) Jawa Timur pada Pilkada 2018.

Kabar penarikan diri pendamping Calon Gubernur Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf tiba-tiba muncul. Nyaris bersamaan, beredar luas foto-foto konten pornografi yang melibatkan seorang pria mirip Cawagub Azwar Anas dan seorang perempuan.

Saifullah, yang juga Wakil Gubernur Jatim sekarang, dijagokan dalam pencalonan pilgub oleh PKB. Sedangkan Azwar Anas oleh PDIP.

Atas situasi itu, Muhaimin mengatakan pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada PDIP soal kursi cawagub pendamping Gus Ipul, sapaan Saifullah. Apakah mempertahankan atau menarik dukungan kepada Azwar Anas. Begitu pula mengenai sosok penggantinya.

“Posisi kami, pihak Pak Saifullah Yusuf sebagai calon gubernur PKB. Soal siapa wakil gubernur, kami serahkan sepenuhnya kepada PDIP. Kami tunggu saja PDIP seperti apa,” kata Muhaimin yang lebih sering disapa Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat, 5 Januari 2018.

Cak Imin mengungkapkan terkait kabar mundurnya Azwar Anas dari kontestasi Pilgub Jatim telah dibicarakannya langsung dengan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Yang penting, kemarin kita sudah bertemu Bu Mega. Saya juga sudah bertemu para kiai. Kebersamaan PKB dan PDIP di Jawa Timur akan tetap dan akan terus berkonsolidasi,” paparnya.

Ditanya kemungkinan pengganti Azwar Anas, Cak Imin enggan berkomentar sebab sepenuhnya hak PDIP. PKB, katanya, menyerahkan penuh kepada internal PDIP. PKB sama sekali tidak ikut campur.

“Saya tak boleh beropini. Itu merupakan kewenangan Bu Mega dan PDIP. Itu menjadi hak pribadi (Anas) dan kewenangan ada di partai pengusungnya,” kata mantan Menteri Tenaga Kerja itu.

Cak Imim lalu kembali menegaskan bahwa siapapun yang diusung PDIP nantinya akan menjadi pendamping Gus Ipul. []Madi Cakra


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here