Siang Ini, Nasib Ida Fauziah sebagai Pendamping Sudirman Said Diputuskan

Anggota Fraksi PKB DPR RI Ida Fauziah. Ia dijagokan PKB untuk mendampingi Sudirman Said, sebagai calon wakil gubernur Jawa Tengah pada Pilada 2018 (Istimewa/fraksipkb.com)

Jakarta – Calon Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Sudirman Said yang diusung Partai Gerindra, PKS, dan PAN untuk Pilgub 2018 hingga Selasa siang, 9 Januari 2018, belum juga fiks. Padahal, tinggal sehari lagi waktu pendaftaran pasangan kandidat di KPU.

PKB-pun menyodorkan nama Ketua Fraksi PKB DPR RI Ida Fauziah sebagai sebagai calon pendamping mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu.

“Jateng, Pak SS (Sudirman Said) dan Ibu Ida. Nanti diumumkan jam dua siang,” kata Wakil Sekjen (Wasekjen) PKB Jazilul Fawaid di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, 9 Januari 2018.

Dia mengatakan pertimbangan mengusung Ida tentu guna memenangi pilgub. Alasan lain, katanya, tokoh perempuan perlu mendapat porsi di percaturan politik. Keuntungannya, Ida akan menarik porsi pemilih perempuan.

“Hampir 40 hingga 50 persen pemilih perempuan. Jadi (Ida) bisa mewakili Sudirman Said sebagai unsur perempuan,” ungkap dia.

Namun, Jazilul menegaskan PKB mengajukan nama Ida bukan semata-mata soal gender. Pasangan Sudirman-Ida diyakini mampu memberikan harapan baru bagi Jateng sesuai tagline Sudirman Said. “Ada perubahan, di Jateng ingin pimpinan baru,” katanya.

Untuk lolosnya Ida, Jazilul menyatakan pihaknya telah melobi partai lain –khususnya Gerindra, PAN dan PKS.


60-70 Persen

Terpisah, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengungkapkan koalisi sedang membahas usulan PKS tersebut.

“Tadi saya ngomong sama Mas Dirman, ‘mas doakan, katanya masih finalisasi’. Kemungkinan 60-70 persen dengan Mbak Ida, ya,” kata Mardani.

Mardani mengingatkan dalam dunia politik justru 30 persen kemungkinan bisa berubah total. PKB Jateng tidak bisa memutuskan sendiri untuk mengusung cawagub.

Dia lalu mencontohkan pasangan Deddy Mizwar (Demiz)-Ahmad Syaikhu pada Pilgub Jawa Barat yang sempat diyakini sudah fiks 90 persen, akhirnya berubah.

Meski demikian, Mardani menilai Ida sebagai sosok yang baik. Dalam pengamatan Mardani selama berinteraksi dengan Ida di DPR, ketua Fraksi PKB itu memang berkualitas. “Kalau PKB masuk, kami senang,” Mardani menambahkan. []ALY/LMC


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here