Presidium Alumni 212: Bukan Rahasia, Pemenangan Pilkada Butuh Biaya Besar

Ilustrasi: Biaya demokrasi atau politik di Indonesia sangat mahal. (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)

Jakarta – Silang komentar seputar “serangan” Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur La Nyalla Mattalitti kepada Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto masih berlanjut.

La Nyalla, eks calon gubernur Jawa Timur (Jatim) pada Pilkada 2018, mengungkit permintaan agar dirinya menyiapkan uang Rp40 miliar sebagai syarat untuk memperoleh rekomendasi.

Pernyataan mantan Ketua PSSI ini disebut-sebut sebagai mahar yang diterapkan Partai Gerindra bagi mereka yang hendak memperoleh tiket sebagai calon gubernur (cagub) parpol ini. Di berbagai media Gerindra disebut telah “memalak” La Nyalla.

Konflik La Nyalla dengan Prabowo melebar ke komunitas Alumni 212. Dikabarkan bahwa sodoran nama calon kepala daerah kepada DPP Partai Gerindra oleh komunitas ini, tak satupun memperoleh rekomendasi sebab tak menyetor “mahar”.

Anggota Presidium Alumni 212 Ansufri Idrus Sambo mengungkapkan tiga hal yang selalu ditanyakan Bos Gerindra Prabowo Subianto kepada seriap calon kepala daerah, sebelum pencalonannya ditindaklanjuti.

Ansufri mengatakan hal pertama adalah ketersediaan uang. Prabowo memang selalu menanyakan, katanya, apakah si calon mempunyai cukup uang untuk bertarung di arena pilkada.

“Karena kita tahu, demokrasi di Indonesia high cost. Tak bisa uang sedikit,” kata Ansufri dalam jumpa pers di Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu, 13 Januari 2018.

[Baca juga: SURVEI: Siapa jagoan cagub-cawagub Jatim Anda pada Pilkada 2018?]

Hal kedua yakni elektabilitas calon, apakah tinggi atau sebaliknya. Soal ketika yakni jika menjadi kepala daerah, apakah bersedia membantu Prabowo sebagai calon presiden.

Menurut Ansufri, soal uang Rp40 miliar yang diminta ke La Nyalla untuk pencalonannya di Pilgub Jatim sebagai hal biasa. Menurutnya, Prabowo tak mau memberikan rekomendasi ke calon kepala daerah yang tidak mampu membiayai pemenangan dirinya pada pilkada. Bukan rahasia, pemenangan pilkada membutuhkan biaya tak kecil. []LMC


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here