Memori Ikat Pinggang saat Hanafie Blusukan di Baros Sukabumi

Kota Sukabumi – Kunjungan silaturahmi menyapa tokoh agama dan warga di Kecamatan Baros, Jumat (02/03/2018) seakan menjadi napak tilas bagi Calon Wakil Wali Kota Sukabumi nomor urut 1 Hanafie Zain.

Bukan tanpa alasan, pasalnya pada tahun 1995 Hanafie mulai meniti karier sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Sukabumi menjabat Camat Baros.

Kini setelah 22 tahun, Hanafie kembali lagi mengenang masa-masa awal karier birokrasinya di Kota Sukabumi dengan mengunjungi tokoh ulama dan menyapa warga. Bukan sebagai ASN, melainkan sebagai Calon Wakil Wali Kota Sukabumi di Pilkada 2018.

“Bukan bapak tulis, tapi sudah panca kaki karena Pak Hanafie mengawali karier birokrasi di Kota Sukabumi sebagai Camat Baris,” tutur Pimpinan Pondok Pesantren Al Istiqomah, Kecamatan Baros KH Asep Rahmatulloh kepada wartawan.

Asep mengaku sangat mengetahui benar karakter atau sosok seorang Hanafie selama menjabat sebagai Camat Baros.

“Beliau meniti karier dari bawah hingga akhirnya menjadi Sekda. Orangnya fokus dalam menekuni pekerjaan,” katanya.

Terpisah, Kini Sulaeman (64) warga RW 14 Perum Bumi Baros Kencana yang pernah bekerja bersama dengan Hanafie di Satpol PP Kabupaten Sukabumi sangat mengetahui rekam jejaknya yang sangat bagus.

“Beliau sangat peduli dengan bawahannya, apalagi program yang ditawarkannya sekarang untuk mencalonkan di Pilkada Kota Sukabumi tidak muluk-muluk dan realistis sesuai yang dibutuhkan masyarakat,” katanya.

Ada pengalaman paling berkesan bagi Kiki menggambarkan sosok Hanafie yang mendampingi Calon Wali Kota Sukabumi Jona Arizona (Ijabah). Saat Hanafie berdinas di Satpol PP Kabupaten Sukabumi, satu waktu pernah menegur anggotanya karena tidak memakai sabuk atau ikat pinggang. Keesokan harinya tiba di kantor, Hanafie memanggil anggota yang ditegur dan membelikan sebuah ikat pinggang untuk dikenakan anggota tersebut.

Diisi lain, Asep Fitroh salah satu ulama di Perumahan Genting Puri Baros menilai sosok Hanafie bersama dengan Jona Arizona memiliki pemandangan yang visioner serta pengalaman.

“Insyallah beliau lebih peduli dalam program keagamaan memperhatikan pesantren, majelis taklim dan ulama,” harapnya.

Usai blusukan dan napak tilas, Hanafie menegaskan jika dirinya sudah tidak canggung saat berkunjung ke wilayah Baros bertemu ulama dan warga karena pernah menjabat Camat Baros.

“Banyak teman seperjuangan baik yang di kota maupun kabupaten, begitu juga yang pensiunan. Tadi bertemu, diskusi bareng mencari solusi bagaimana Kota Sukabumi lebih baik ke depannya,” pungkasnya. []Herry Febrianto


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here