KPU Tetapkan DPS Pilkada Kota Banjar 144.125 Pemilih

Banjar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar menggelar rapat pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Serentak 2018, Jumat, 16 Maret 2018.

Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Muklis menerangkan bahwa jumlah DPS Kota Banjar setelah proses pemutakhiran data sebanyak 144.125 pemilih. Data tersebut terakumulasi dari pemilih tidak memenuhi syarat, pemilih baru dan perubahan identitas.

“Rapat pleno ini pelaksanaan dari Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) pasal 14, KPU Provinsi/Kota/Kabupaten harus rekapitulasi selanjutnya ditetapkan sebagai DPS dari tingkat kecamatan dan kota,” ujarnya.

Dalam proses data dari DP 4 (KPU, Kemendagri-red) sebanyak 152.795 pemilih kemudian dilakukan proses pemutakhiran data dari tanggal 20 Januari hingga 18 Februari lalu, yang berhasil ditetapkan yaitu 144.125 pemilih. Adapun setelah itu, maka KPU akan terus melakukan pemutakhiran data sehingga ditetapkanlah Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) kemudian pada April nanti ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sebelum ditetapkan menjadi DPT hingga tanggal 24 Maret 2018 data DPS itu akan disebar ke seluruh desa dan kelurahan agar masyarakat dapat melihat secara langsung dirinya terdaftar atau tidak. Sehingga, kata Danial bagi masyarakat yang belum melakukan pendaftaran dan tidak terdaftar maka dia menghimbau untuk segera mendaftarkan dirinya ke desa atau kelurahan tempat dirinya tinggal.

Bila ada masyarakat yang terdaftar ganda, semisal dirinya terdaftar di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) maka salah satunya harus dicoret. Dipastikan, para calon pemilih hanya memilih satu tempat untuk memberikan hak pilihnya.

“Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, terus berusaha untuk melakukan validasi data sehingga pada waktunya, daftar pemilih tetap sudah bisa akurat dan tervalidasi. Bahkan bagi yang akan berusia 17 tahun pada tanggal 24 Juni mendatang, berhak menentukan hak pilihnya. Maka dari itu, Disdukcapil melakukan jemput bola perekaman E-KTP pada para pemilih baru,” imbuhnya.


Jemput Bola Perekaman E-KTP

Sementara, Kepala Seksi Kerja Sama dan Inspeksi Pelayanan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kota Banjar, Tata Bagja mengungkapkan dalam rangka mendorong suksesi pilkada serentak pihaknya terus melakukan terobosan program. Pendataan pemilih baru adalah pekerjaan rumah dinas ini, oleh karena itu, Disdukcapil melakukan sistem jemput bola.

“Untuk memastikan warga Banjar terakomodir demokrasi dengan memberikan hak suara pada pilkada nanti, kami terus berupaya melakukan validasi, akurasi dan pendataan secara masif,” jelasnya, usai mengikuti rapat pleno pemantapan daftar pemilih sementara (DPS) di kantor KPU Banjar.

Salah satu programnya yakni mendatangi Sekolah Menengah Atas (SMA) notabene mayoritas pemilih pemula. Pelaksanaan perekaman elektronik KTP tersebut terang Tata, sudah terlaksana sejak hari ini hingga nanti pada waktu pencoblosan tanggal 27 Juni. Ini dimaksudkan, agar para pemilih yang genap berumur 17 tahun hingga tanggal 27 Juni bisa terakomodir hak demokrasinya

Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang Kalyubi mengapresiasi langkah yang dilakukan KPU dan Disdukcapil. Dia merasa bahwa tahapan pilkada di Banjar sudah berjalan sesuai dengan proses dan ketentuan peraturan.

“Penetapan DPS ini hanya bersifat sementara. Data DPS dari kecamatan di adu manis kan di tingkat kota. Maka akan ada kecocokan sehingga keakuratan data ini dapat dipertanggung jawabkan. Kami apresiasi besar terobosan yang dilakukan dalam rangka suksesi pemilihan umum ini,” kata dia. []Syarif Hidayat


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here