Media Sulit Netral Jika Pemiliknya Miliki Partai Politik

Kota Sukabumi – Peran media cetak, elektronik dan online sangat penting dalam mewujudkan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pikada) yang berkualitas sebagai pemberi informasi yang berimbang dan netral.

Bicara soal netral, mantan anggota Dewan Pers periode 2010-2016, Muhammad Ridlo Eisy menilai agak sulit khususnya bagi media partisan yang pemiliknya juga merupakan pemilik partai politik

“Masalahnya bagi media yang partisan, kalau pemiliknya menjadi pemilik partai wartawannya susah netral. Kalau khusus media elektronik diatur dalam Pasal 36 ayat 4 tentang Undang-Undang Penyiaran yang sanksi nya bersifat administratif oleh Komisi Penyiaran Indonesia,” tandasnya kepada awak media usai kegiatan sosialisasi peran media dalam mewujudkan Pilkada Serentak 2018 yang digelar KPU Kota Sukabumi, Kamis, 12 April 2018.

Menurutnya banyak media yang mengaku netral tapi ternyata tidak. Sehingga hukumannya langsung akan berkurang jumlah pendengar, pemirsa atau pembaca dan berpengaruh terhadap iklan.

“Tugas media dalam pemilu harus bisa menggerakkan partisipasi publik untuk datang ke TPS pada hari pemungutan suara. Lalu mengangkat keinginan rakyat dan memberikan informasi seputar perkembangan kampanye,” tutur Ridlo.

Ridlo menegaskan, jika nanti ada pelanggaran pemilu oleh media bisa ditangani langsung oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat dengan mengirim surat teguran ke perusahaan media dan tembusan ke dewan pers.

“Tegurannya harus ke perusahaan medianya, bukan ke personal wartawannya,” tukasnya.

Sementara itu Ketua KPU Kota Sukabumi Hamzah mengatakan peran media selama ini sangat bermanfaat sekali untuk mensosialisasikan seputar tahapan pilkada dan agenda kampanye para kandidat kepala daerah.

“Peran media dalam mewujudkan Pilkada memiliki etika sendiri. Hal itu tanpa meninggalkan kebebasan pers itu sendiri.  Dalam undang-undang nomor 10 tahun 2017 dan PKPU nomor 4 tahun 2017 ada sekitar 24 poin larangan berkampanye. Satu di antaranya terkait layanan iklan dan pemberitaan di media,”  jelasnya. []Herry Febrianto


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

2 KOMENTAR

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here