Survei Instrat: Deddy-Dedi Kini Duduk di Puncak Elektabilitas dan Popularitas

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Istimewa/elshinta.com)

Bandung – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi puncaki survei Indonesia Strategic institute (Instrat). Paslon nomor urut 4 itu berhasil ungguli pemuncak sebelumnya Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul (Rindu), baik dari segi elektabilitas maupun popularitas.

“Jika hasil sebelumnya elektabilitas tertinggi milik Ridwan Kamil, sekarang Instrat menempatkan Deddy-Dedi, ” kata Analis Inatrat Aidratunaim di Bandung, Rabu 9 Mei 2018.

Untuk elektabilitas, Deddy-Dedi menempati 40,5 persen disusul Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum 29 persen, kemudian Sudrajat-Ahmad Syaikhu 7,7 persen dan pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan 4,7 persen.

Sementara dari sisi popularitas, Cagub Deddy Mizwar masih unggul dengan 90,1 persen, disusul Ridwan Kamil 80,7 persen, kemudian ada Cawagub Dedi Mulyadi 69,1 persen, dan Uu Rhuzanul Ulum 40,7 persen, Ahmad Syaikhu 36 persen, Anton Charliyan 34,9 persen, TB Hasanudin 34,3 persen, dan Sudrajat 31,3 persen.

Kendati begitu, Aidratunaim mengatakan tidak menutup kemungkinan bagi calon lain merebut suara di sisa waktu sebelum pencoblosan atau sekitat satu setengah bulan ke depan. Terlebih pada masyarakat yang belum menentukan pilihan di Pilgub Jabar.

“Ridwan Kamil masih bisa menambah tingkat elektabilitas dan popularitasnya, calon lainnya pun bisa,” kata dia.

Menurutnya, raihan positif yang sementara ini didapat pasangan Deddy-Dedi tidak terlepas dari sosok keduanya. Dia menilai bahwa keduanya sudah lama ada di masyarakat, sehingga sosok mereka mudah diingat dan peluang terpilihnya tinggi.

“Selain paslon, mesin partai dari Golkar dan Demokrat terbukti membuahkan tren positif,” jelasnya.

Sebagai informasi, Instrat melakukan survei dengan jumlah responden sebanyak 1800 di seluruh kabupaten kota dengan margin eror 2,31 persen.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui peta politik terkini setelah tiga bulan masa kampanye Pilgub Jabar. []BBI/BDG


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here