Tingkatkan Ekonomi Umat, Yossi Irianto-Aries Siap Optimalkan Peran Masjid

Yossi Irianto dan Aries Supriatna (Istimewa/seputarbandungraya.com)

Bandung – Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung nomor urut 2, Yossi Irianto-Aries Supriatna menyatakan komitmennya untuk meningkatkan ekonomi umat, yakni dengan mengoptimalkan peran masjid.

Aries mengatakan selain sebagai pusat pendidikan dan tempat ibadah, masjid juga bisa berperan sebagai tempat membangun ekonomi umat, seperti yang pernah dicontohkan Rasulullah SAW.

“Kami ingin menghidupkan fungsi masjid untuk pengembangan dan pemberdayaan ekonomi umat. Karena belum semua masjid bisa mengembangkan ekonomi umat atau jamaahnya,” kata Aries di kawasan Jalan Pajajaran Bandung, Senin (21/5/2018).

Menurut dia, masjid adalah tempat ibadah kaum muslimin yang memiliki peran strategis untuk kemajuan peradaban Islam. Aries menyebut bahwa sejarah telah membuktikan multi fungsi peranan masjid itu.

Ketika Rosulullah hijrah dari Mekkah ke Madinah, lanjutnya, kebijakan Rasulullah yang pertama adalah membangun masjid sebagai tempat ibadah, menguatkan rasa persaudaraan, dan mendalami ajaran Islam baik dalam segi ibadah maupun mualamah.

Aries pun mengaku tidak main-main dengan gagasan pemberdayaan masjid dalam membangun ekonomi umat. Hal itu dibuktikan dengan memasukkan program pemberdayaan ekonomi umat berbasis masjid ke dalam 15 program unggulan pasangan Hebring bila diberi amanah memimpin Kota Bandung.

“Kami ingin memberdayakan majelis-majelis taklim agar ibu-ibu pengajian pun memiliki ekonomi kuat. Kami akan bantu dengan memberikan pelatihan wirausaha, koperasi, bantu akses permodalan dan akses market (pasar),” kata Aries.

Di Kota Bandung sendiri, Aries bilang, sudah ada beberapa masjid yang mampu menggerakkan roda ekonomi jamaahnya terutama melalui majelis taklim dan koperasi atau baitul mal. Dia mencontohkan salah satu masjid di kawasan Cihampelas.

“Di Cihampelas ada satu masjid yang jamaah majelis taklimnya punya kegiatan ekonomi. Mereka bisa membuat boneka dan hasilnya dijual. Para anggota majelis taklimnya bisa memiliki penghasilan yang lumayan. Apalagi kalau itu didorong dengan bantuan pemerintah,” ungkapnya.

Aries optimistis program itu bisa berjalan massif dan berhasil mengembangkan ekonomi umat, mengingat hampir setiap RW di Kota Bandung memiliki masjid dan majelis taklim.

“Insya Allah jangkauan program ini akan sangat massif karena hampir tiap masjid punya majelis taklim. Ini potensi yang harus kita dorong,” pungkas Aries. []BBI/BDG


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here