PAN Tolak Duet JK-AHY Tawaran Partai Demokrat

Jusuf Kalla (JK) ditemui Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (Istimewa/medcom.id)

Jakarta – Partai Amanat Nasional (PAN) menolak tawaran Partai Demokrat yang menyodorkan pasangan calon presiden-wakil presiden Jusuf Kalla (JK)-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), melalui Koalisi Kerakyatan.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PAN Saleh Partaonan Daulay menyatakan hal tersebut di Jakarta, Selasa, 12 Juni 2018. Dikatakan, PAN sejauh ini mengedepankan elite sendiri, Ketua Dewan Kehormatan Amien Rais, salah satunya.

“Kami masih fokus mengusung kader sendiri sembari menyukseskan pilkada dan mempersiapkan pileg (pemilu legislatif) yang akan datang,” ujar Saleh.

Menurut Saleh, hak semua partai politik (parpol) merintis koalisi. Rakyat diuntungkan adanya koalisi lebih dua pada Pemilu Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2019.

“Tinggal bagaimana menyusun bangunan koalisi. Siapa saja partai yang akan diajak bergabung? Secara faktual, Demokrat tidak bisa sendirian membentuk koalisi,” Saleh menambahkan.

PAN menilai, kata Saleh, cukup rawan partai memunculkan nama kandidat sebelum memastikan arah koalisi. PAN sendiri sejauh ini mematangkan pilihan bersekutu dengan koalisi oposisi yakni bersama Gerindra dan PKS.


PKB Masih Perjuangkan Duet Join

Demokrat mengajukan Koalisi Kerakyatan terkait wacana poros ketiga pada Pilpres 2019.

“JK-AHY salah satu opsi yang sedang Demokrat pikirkan, melalui Koalisi Kerakyatan. Ini pasangan ideal,” tandas Ketua DPP Demokrat Jansen Sitindaon pada hari yang sama.

Menanggapi duet JK-AHY, Wasekjen DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan mengatakan partainya masih fokus mewujudkan agar Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menjadi pasangan Joko Widodo Jokowi.

“Belum ada perubahan. Posko Join (Jokowi-Cak Imim) terus bertambah di desa-desa. Kami yakini hal ini selain akan menambah elektabilitas PKB juga membantu menaikkan elektabilitas Jokowi,” Daniel berargumen.

Daniel menegaskan Demokrat sejauh ini terlalu banyak opsi. []RUT/HDN/RE


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here