Tiga Sosok Calon Ketua Timses Jokowi-Ma’ruf Berusia di Atas 60 Tahun

Calon Presiden Joko Widodo (kiri) dan Calon Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin (kanan) (Istimewa/Dok. Bening.Media)

Jakarta – Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M. Romahurmuziy mengungkapkan sosok kandidat ketua Tim Sukses (Timses) Pasangan Calon Presiden (capres)-Wakil Presiden (Cawapres) Joko Widodo-K.H. Ma’ruf Amin berusia di atas 60 tahun.

Disebutkan, terdapat tiga orang calon ketua tim pemenangan. Ketiganya tokoh senior.

“Mereka cukup senior. Usianya setahu saya di atas 60 tahun,” tegas Romahurmuziy yang kerap disapa Rommy di Jakarta, Minggu, 19 Agustus 2018.

Rommy menyatakan ketiga calon ketua timses dikenal luas memiliki pengalaman memimpin organisasi. Karenanya, mereka dinilai mumpuni mengemban tugas sebagai komandan timses.

“Orang-orang yang sudah memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi di dalam pengelolaan sektor publik. Sudah memiliki jabatan yang tinggi dan sudah memiliki komunikasi yang sangat lancar,” ujar Rommy.

[Baca juga: POLLING: Siapa pilihan Anda pada Pilpres 2019?]

Ketiga calon, menurut Rommy, dalam waktu dekat dipanggil Joko Widodo (Jokowi). Tak disebutkan tanggal pastinya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) disebut-sebut sebagai ketua Timses Jokowi-Ma’ruf.


Dibahas Partai Koalisi

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Johnny G. Plate mengatakan kubunya dalam waktu tak lama lagi mengumumkan ketua timsesnya.

“Pada prinsipnya, partai-partai menyerahkan ke Pak Jokowi-Kiai Ma’ruf Amin sebagai pasangan calon yang akan memilih ketua Tim Kampanye Nasional (TKN),” kata Johnny.

Dijelaskan, penggodokan calon ketua timses dilakukan pemimpin partai-partai koalisi. Mereka membahas kriteria umum kandidat. Selanjutnya dipilih langsung Jokowi-Ma’ruf.


Pramono Pas

Terpisah pula, pengamat politik Adi Prayitno menilai figur Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung memenuhi syarakat mengemban tugas sebagai ketua timses. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini memiliki kematangan menghadapi berbagai persoalan.

“Kalau melihat kematangan, jam terbang, serta penerimaan partai koalisi, sosok Pramono Anung sangat pas didapuk sebagai ketua pemenangan Jokowi-Ma’ruf,” kata Adi.

Terdapat tokoh lain yang juga memiliki jam terbang memimpin organisasi. Misalnya Luhut Binsar Panjaitan dan Puan Maharani. Namun keduanya dianggap memiliki sedikit masalah dengan adaptasi publik.

“Puan dan Luhut, saya kira masuk nominasi. Persoalannya akselerasi dan adaptasi publik lebih cenderung ke Pramono. Banyak yang mumpuni, cuma, yang komplit Pramono,” urainya. []LMC/HDN/RUT/RE


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here