Daddy Rohanady Apresiasi Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Dinas PSDA

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jawa Barat Daddy Rohanady (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)

Bandung – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jawa Barat (Jabar) Daddy Rohanady mengapresiasi capaian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar bidang pertanian.

Dijelaskan, capaian dimaksud yakni seputar pendayagunaan dan pemeliharaan jaringan irigasi. Hasil kerja jajaran Pemprov Jabar ini diganjar penghargaan Juara I bidang Penyelenggara Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Terbaik se-Indonesia 2017.

“Kami mengapresiasi kinerja seperti ini. Selamat untuk Dinas PSDA, khususnya Bidang OP urusan irigasi,” ujar Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohanady kepada PemiluUpdate.com di Kota Bandung, Rabu, 26 September 2018.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Fraksi Gerindra itu, jajaran Dinas PSDA jangan sampai berpuas diri atas penghargaan yang diterimanya. Pemprov Jabar harus terus memacu kerja bidang pertaniannya demi mewujudkan kesejahteraan kalangan petani yang semakin baik.

Piagam penghargaan bidang Penyelenggara Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Terbaik se-Indonesia 2017 (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)

Penghargaan diterima Kepala Dinas Pendayagunaan Sumber Daya Air (PSDA) Pemprov Jabar Nana Nasuha, dari Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penyerahan penghargaan dilakukan di Hotel Grand Inna, Padang (18/9/2018). Acara dirangkai Konsultasi Regional (Konreg) PSDA wilayah Barat. Konreg berlangsung empat hari, 18-21 September 2018.


SDM Bidang Pertanian

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23, urusan pemprov adalah irigasi primer dan sekunder. Banyak pihak selama ini khawatir jika pemprov mengurusi jaringan irigasi tersier maka penyimpangan anggaran potensial terjadi.

Berbagai pemerintah daerah meminta agar dilakukan manajemen tunggal dalam mengurusi irigasi. Usulan ini dinilai bertentangan dengan hukum karena berlawanan UU Nomor 23.

Masalah lain yang mengemuka, di antaranya seputar ketersediaan sumber daya manusia yang menangani langsung operasi dan pemeliharaan irigasi. Sementara formasi penerimaan Calon PNS (CPNS) untuk Dinas PSDA hanya menerima lulusan S1. SDM lulusan S1 tidak mungkin ditempatkan sebagai petugas pintu air irigasi.

Sementara, kata Daddy, Dinas PSDA ditargetkan memenuhi Operasi dan Pemeliharaan Irigasi yang perima (OP Prima) dan OP Ideal. Target ini dicanangkan pada 2019/2020. []BIH/RE


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here