Pimpinan Ponpes Ogah Ditemui Sandiaga, Santri Antusias Menyambut

Sandiaga Uno di Majelis Keluarga Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur (Istimewa/twitter.com)

Surabaya – Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur, K.H. Nawawi Abdul Jalil menghindar ditemui Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Salahuddin Uno.

Saat Cawapres nomor urut 2 itu tiba di ponpes di Desa Sidogiri pada Sabtu, 6 Oktober 2018, Nawawi justru memilih berkunjung ke kediaman Ketua DPP Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Hasan Aminuddin –juga mantan Bupati Probolinggo– di Probolinggo, Jawa Timur (Jatim).

Nasdem adalah salah satu partai politik (parpol) pengusung Calon Presiden (Capres) Joko Widodo-Cawapres Ma’ruf Amin.

Ketika dikonfirmasi, Hasan membenarkan Nawawi berkunjung ke kediamannya. Kedatangan Kiai Nawawi ke kediamannya untuk ziarah haji.

“Kiai Nawawi ke rumah saya untuk ziarah haji. Sejak saya datang dari tanah suci bulan lalu, kami memang belum pernah bertemu,” katanya.

Menurut Hasan, bukan hanya pimpinan Ponpes Sidogiri yang tidak menyambut kedatangan Sandiaga. Beberapa pimpinan ponpes lain di Jatim yang masuk daftar rencana kunjungan, tegas menolak rencana kedatangan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

“Seperti Ponpes Nurul Qodim dan Ponpes Genggong Probolinggo sudah menolak. Sementara Ponpes Nurul Jadid Probolinggo, pimpinannya tidak menemui. Sudah terkonfirmasi,” ungkap Hasan, yang juga Ketua DPW Partai Nasden DKI Jakarta.

Dikonfirmasi terpisah, Nawawi mengatakan bahwa dirinya memang bertandang ke rumah Hasan, juga mantan anggota DPR. Dia memang terang-terangan tidak mendukung pasangan Capres Prabowo Subianto-Sandiaga pada Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2019.

“Saya hanya mendukung ulama NU yang maju di Pilpres 2019 yakni Kiai Ma’ruf Amin,” tandas ulama yang masuk jajaran Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Sandiaga Uno menyapa santri (Istimewa/twitter.com)

Cawapres Sandiaga akhir pekan ini menyisir beberapa pesantren dan ulama di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Selain di Ponpes Sidogiri, ia dijadwalkan berkunjung ke Ponpes Nurul Qodim dan Nurul Jadid di Probolinggo, serta Ponpes Roudotul Ulum Bondowoso dan Ponpes Al-Qodiri di Kabupaten Jember.

Melalui akun media sosialnya pada hari yang sama, Sandiaga mengunggah beberapa foto kegiatan di ponpes Probolinggo. Santri tampak menyambut antusias cawapres muda ini.

Pondok pesantren, menurut Sandiaga, salah penggerak perekonomian bangsa. Untuk memaksimalkannya dibutuhkan upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan santri. Melalui program santripreneur diharapkan lembaga ponpes semakin banyak membuka lapangan pekerjaan. []GOOD INDONESIA-SJT


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here