Syafii Sarankan Ma’ruf Tak Cuma Perjuangkan Islam Nusantara

Syafii Maarif (Istimewa/suaramuhammadiyah.id)

Sleman – Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ma’ruf Amin menemui mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Syafii Maarif. Pendamping Calon Presiden (Capres) Joko Widodo ini menyambangi Syafii di kediamannya, dalam safari politiknya di Yogyakarta dan sekitarnya, Senin, 15 Oktober 2018.

Cawapres yang juga Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu menyatakan dirinya menemui Syafii guna meminta saran sehubungan ajang Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2019. Ma’ruf meminta pendapat berbagai hal, seperti ke beberapa tokoh nasional yang ditemui sebelumnya.

Ma’ruf mengatakan dirinya bersahabat sejak lama dengan Syafii, yang kerap disapa Buya. Terakhir, mereka duduk bersama di Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

“Siang ini saya bersilahturahim ke Buya Syafii Maarif. Beliau ini sahabat dekat saya, kebetulan sama di BPIP,” ujar Ma’ruf usai pertemuan sekitar satu jam.

Menurut Ma’ruf, Syafii menyampaikan sarannya jika dirinya menjadi wakil presiden agar tetap menjaga kemajemukan.

“Walaupun bukan pendukung, katakan misalnya rival politik, tetap kita perlakukan yang sama. Jangan sampai ada kelompok-kelompok yang didiskriminasi, tidak diberikan pelayanan. Itu saya kira sangat penting untuk menjaga dan merawat kemajemukan,” aku Ma’ruf menceritakan saran Syafii.

Masih sekaitan hal itu, menurut Ma’ruf, dirinya diharap supaya tak membawa dan memperjuangkan program keumatan yang berjargom Islam Nusantara. Melainkan juga peduli pada visi Muhammadiyah yang mengusung Islam Berkemajuan.

“Beliau bilang jangan hanya Islam Nusantara tetapi juga Islam Berkemajuan yang menjadi motto Muhammadiyah,” ulas Ma’ruf yang tokoh Nahdlatul Ulama (NU).

Disinggung pula penegasan Syafii bahwa agama memang tidak dapat dipisahkan dari politik. Agamalah yang menjadi panduan moral dalam berpolitik, bukan sebaliknya.

“Jadi agama jangan dijadikan kendaraan. Politik yang harus menjadi kendaraan moral. Idealnya begitu,” tegas Ma’ruf.

Masih pada kesempatan yang sama, Syaffi mengemukakan harapannya agar Pilpres 2019 berlangsung damai, jujur, dan adil. []YPT/RE


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here