Caleg Perempuan Bercadar itu Bertarung untuk DPRD Kota Mataram

Nama dan foto Baiq Riny Ariyani pada DCT DPRD Kota Mataram (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)

Mataram – Calon legislator (caleg) DPRD Kota Mataram pada Pemilu 2019 ini “lain dibanding yang lain”. Dia, Baiq Riny Ariyani, boleh jadi satu-satunya perempuan calon wakil rakyat yang bercadar.

Riny mencalonkan diri sebagai kontestan Pemilu Legislatif (Pileg) tahun depan melalui Partai Bulan Bintang (PBB).

“Terpanggil hati saya untuk mewakili Muslimah. Pakaian syar’i atau sesuai syariat Islam sejauh ini pro-kontra di tengah masyarakat. Selalu identik dengan ekstrimis,” papar Riny, Rabu, 17 Oktober 2018.

Meski demikian, Riny terjun ke arena pileg dengan keyakinan penuh. Salah satu motivasinya adalah memperjuangkan busana bercadar agar suatu hari tak lagi dinilai umum sebagai identitas radikalisme.

Ditegaskan, dirinya hendak membuktikan bahwa tidak semua perempuan Indonesia yang bercadar apatis terhadap politik. Terdapat banyak perempuan yang berbusana cadar pun peduli dan bertekad memperjuangkan kondisi bangsa ke arah lebih baik, melalui politik.

Riny, mantan penyanyi kafe, mengikuti ajang pileg dari daerah pemilihan (dapil) Kota Mataram I. “Saya ingin perjuangkan kepentingan kaum muslimah,” tegasnya.

“Baiq” di depan nama Riny adalah gelar bangsawan Suku Sasak. Secara sosial-politik, masyarakat adat Sasak mengenal dua tingkatan sosial utama: bangsawan yang disebut pewangsa dan ama atau jajar karang untuk kelompok masyarakat kebanyakan.


Kuota Caleg Perempuan

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PBB Nusa Tenggara barat (NTB) telah memenuhi kuota 30 persen caleg perempuan. Hal ini meliputi DPRD tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten/kota.

Ketua Komite Aksi Pemenangan Pemilihan Umum (KAPPU) PBB NTB H.L. Moh. Syamsir menjelaskan partainya menjamin kader perempuan yang diusungnya bertarung pada Pileg 2019 memiliki kualitas mumpuni. Termasuk di antaranya caleg perempuan.

PBB NTB tak sekadar memenuhi kuota caleg perempuan. Termasuk di dalamnya yakni Baiq Riny Ariyani. []MAB/RE


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here