DPR dan Pemerintah Sepakati Penyaluran Rp3 Triliun ke 8.212 Kelurahan Tahun Depan

Ilustrasi: Uang rupiah [Foto: idntimes.com - GOOD INDONESIA]

Jakarta – DPR melalui Badan Anggaran (Banggar) dan pemerintah menyetujui penyaluran dana kelurahan pada 2019. Hal ini tertuang pada rapat kerja Banggar DP dengan Tim Panitia Kerja (Panja) C pemerintah. Keduanya membahas soal Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) dari pemerintah pusat.

DPR dan pemerintah menyepakati anggaran TKDD sebesar Rp826,9 triliun masuk dalam postur Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2019. Termasuk di dalamnya anggaran dana kelurahan yang sempat ramai dibahas kalangan politisi.

Anggaran TKDD tersebut terdiri atas Rp756,9 triliun untuk transfer ke daerah dan Rp70 triliun untuk dana desa. Sedangkan dana untuk kelurahan sebesar Rp3 triliun masuk dalam pagu transfer ke daerah. Dana kelurahan masuk dalam Dana Alokasi Umum (DAU).

Informasi yang dihimpun PemiluUpdate.com, besaran Rp3 triliun akan disebar ke 8.212 kelurahan di seluruh Indonesia. Dana ini kewenangan pemerintah daerah berdasar Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2018.

Pemanfaatan prioritas dana kelurahan melalui pemerintah daerah kabupaten/kota, sebagaimana dana desa yang sudah berjalan, ditujukan untuk pembangunan infrastruktur dasar dan pemberdayaan masyarakat.

Dana desa diperuntukkan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan infrastruktur, pemberdayaan warga, dan kemasyarakatan. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, dana yang disalurkan berdasarkan jumlah desa dengan memperhatikan jumlah penduduk (30%), luas wilayah (20%), dan angka kemiskinan (50%).

Penyaluran dana kelurahan juga berkaitan dengan upaya mencapai target pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan. Banyak kelurahan, khususnya di luar Jawa, yang kondisinya mengenaskan. Infrastruktur dasarnya minim dan angka kemiskinan warganya cukup tinggi. []GOOD INDONESIA-RMK/RE


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here