Mengapa Negara Kepulauan Republik Indonesia Membanggakan?

Raja Ampat (Foto: asliindonesia.net - GOOD INDONESIA)

SEBELUM lebih jauh, silakan #GOODpeople melantunkan lagu “Rayuan Pulau Kelapa”. Sudah lama tak menyanyikan lagu wajib karya Ismail Marzuki ini, kan? Liriknya di bawah.

Tanah airku Indonesia
Negeri elok amat kucinta
Tanah tumpah darahku yang mulia
Yang kupuja sepanjang masa
Tanah airku aman dan makmur
Pulau kelapa yang amat subur
Pulau melati pujaan bangsa
Sejak dulu kala

Reff:
Melambai lambai
Nyiur di pantai
Berbisik bisik
Raja Kelana
Memuja pulau
Nan indah permai
Tanah Airku
Indonesia

Perasaan lebih plong, pasti. Semoga. Lagu yang menggambarkan Indonesia sebagai hamparan pulau itu sungguh asyik dilantunkan. Lirik sederhana, namun tepat menceritakan keindahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bumi, entah daratan atau lautan, memiliki permukaan atau relief yang berbeda-beda. Setiap relief mempengaruhi berbagai aspek kehidupan makhluk hidup di masing-masing tempat.

Bentuk permukaan bumi juga digunakan sebagai salah satu penanda suatu lokasi daerah tertentu. Hal ini akan lebih berpengaruh pada bidang politik dan kenegaraan.

Daratan dapat berupa benua, pulau, dan kepulauan. Ketiganya memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda-beda.

Kali ini, kami menyajikan –tentu khusus buat #GOODpeople– kelompok ketiga, yakni kepulauan. Informasi negara kepulauan terbesar di dunia.

Sekadar mengingatkan kepulauan adalah negara atau kawasan yang terdiri atas banyak sekali pulau-pulau. Di mana posisi Indonesia, negara #GOODpeople sekalian?


1. Indonesia

Ternyata Indonesia jelas salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Besar tak hanya karena luasnya, namun juga pulau-pulau kecil yang mengelilingi dan menyusun kawasan wilayah, sungguh nyaris tak terbilang. Indonesia memiliki tak kurang 17 ribu pulau yang membentuk wilayah tanah air, se-Nusantara.

Luas wilayah kepulauan Indonesia kurang-lebih 1,904,569 kilometer persegi. Garis pantainya mencapai 54.716 kilometer.

Perairan Indonesia dari KM Umsini (Foto: Ridwan Ewako – GOOD INDONESIA)


2. Madagaskar

Negara pulau satu ini berada di Samudra Hindia, lepas pesisir Afrika bagian Timur. Madagaskar salah satu negara yang memiliki pulau terbesar di dunia. Madagaskar, namanya. Pulau ini merupakan pulau terbesar keempat setelah Greenland, New Guinea, dan Kalimantan.

Wilayah negara ini sekitar 587.041 kilometer persegi, memiliki panjang garis pantai sebesar 4.826 kilometer.

Silakan #GOODpeople bandingkan angka tersebut dengan kondisi faktual Indonesia. Jauh. Termasuk pulau kecilnya.


3. Papua Nugini

Negara tetangga yang berbatasan langsung dengan NKRI, tepatnya Provinsi Papua Barat, memiliki wilayah seluas 462.840 kilometer persegi. Panjang garis pantainya 5.152 kilometer.

Papua Nugini yang beribu kota Port Moresby berada di kawasan Oceania mempunyai sekitar 600 pulau kecil.


4. Jepang

Meskipun negara kepulauan bak terpisah dari daratan, Jepang bagian Benua Asia. Tepatnya di Asia bagian Timur.

Negeri Matahari Terbit –julukannya– memiliki luas wilayah sekitar 377.915 kilometer persegi.

Kepulauan Jepang terdiri atas 6.852 pulau. Terdapat empat pulau besar, yakni Honshu, Hokkaido, Kyushu, dan Shikoku.

Honshu pulau utama, tempat kota besar Tokyo, Yokohama, Osaka, dan Kobe. Hokkaido pulau terbesar kedua, utara Honshu. Di situlah Sapporo berada. Kyushu dan Shikoku dekat dengan selatan Honshu.

Jepang juga memiliki rantai pulau tropis di selatan yang disebut Kepulauan Ryukyu. Pulau terbesar di sini adalah Okinawa.


5. Filipina

Negara kepulauan yang termasuk deretan besar di dunia adalah Filipina. Negara ini berlokasi cukup dekat dengan Indonesia, tepatnya di kawasan Pulau Sulawesi.

Filipina yang beribu kota Manila memiliki luas wilayah sekitar 300.000 kilometer persegi. Ia mempunyai garis pantai sepanjang 36.289 kilometer persegi.

Filipina terdiri atas 7.641 pulau. Dengan angka ini, Filipina tercatat sebagai negara ketujuh yang memiliki jumlah pulau terbanyak. Di atasnya Swedia, Finlandia, Norwegia, Kanada, Indonesia, dan Australia.

Dalam waktu cukup lama, jumlah pulau di Filipina diperkirakan 7.107. Laporan terbaru Pemetaan Nasional dan Informasi Sumber Daya (NAMRIA) Filipina menemukan 534 pulau lagi. Penemuan pulau-pulau baru ini menambah luas wilayah geografis dan zona ekonomi pesisirnya.

Di antara pulau tersebut, hanya kurang-lebih 2.000 di antaranya yang berpenghuni. Kawasan kepulauan Filipina dibagi tiga kelompok besar, yakni Luzon, Visayas, dan Mindanao.

Pulau di Filipina (Foto: worldatlas.com – GOOD INDONESIA)


6. Selandia Baru

Negara yang beribu kota Wellington ini seluas 267.710 kilometer persegi. Panjang garis pantainya 15.134 kilometer.

Negara Selandia Baru terletak di Samudra Pasifik bagian Barat Daya. Ia memiliki sekitar 600 pulau besar dan sedang. Terdapat sisa-sisa daratan yang lebih luas dibanding pulau-pulau yang ada sekarang, namun telah berada di bawah permukaan laut.

Dua pulau utamanya dinamai Pulau Utara (Te Ika-a-Māui) dan Pulau Selatan (Te Waipounamu) yang dipisahkan Selat Cook.

Terbesar ketiga adalah Pulau Stewart (Rakiura), terletak 30 kilometer atau 19 mil di ujung Pulau Selatan di seberang Selat Foveaux.

Tiga pulau terbesar tersebut membentang 1.500 kilometer (930 mil) di garis lintang 34 ° hingga 47 ° selatan. Selandia Baru merupakan negara kepulauan terbesar keenam di dunia, dengan daratan seluas 267.710 kilometer persegi.

Pulau di Maldives (Foto: telegraph_co.uk – GOOD INDONESIA)


7. Inggris

Negara kepulauan yang juga masuk kelompok besar adalah Inggris atau Britania Raya, dan berada di Eropa bagian Utara. #GOODpeople pasti ibu kotanya, tentu.

Luas wilayah Inggris sekitar 246.610 kilometer persegi. Garis pantainya sepanjang 12.429 kilometer.

Survei salah satu badan militer Inggris mencatat pulau mereka sebanyak 6.289 titik. Sebagian besar berada di Skotlandia. Kepulauan Inggris (termasuk Irlandia) memiliki 6.806 pulau.


8. Kuba

Kuba terletak di kawasan Amerika bagian Tengah. Negara yang identik dengan tokoh Che Guevara ini beribu kota Havana.

Negara satu ini seluas kurang-lebih 110.860 kilometer persegi. Garis pantainya membentang sepanjang 3.735 kilometer.

Kuba memiliki lebih 4.000 pulau yang mengelilingi beberapa pulau utama. Di lepas pantai selatan duduk dua kepulauan utama; Jardines de la Reina dan Kepulauan Canarreos.

Kepulauan Sabana-Camagüey membentang di sepanjang pantai utara, yang di dalamnya terdapat 2.517 pulau. Kepulauan Colorados di lepas pantai barat laut.


9. Islandia

Islandia merupakan salah satu dari beberapa negara kepulauan terbesar didunia yang ada di benua Eropa. Negara yang satu ini merupakan salah satu kawasan yang memiliki jarak cukup dekat dengan kawasan kutub utara. Negara yang beribu kota di Reykjavik ini memiliki luas kawasan kurang lebih 103.000 km2. Serta memiliki garis pantai sepanjang 4.970 km.


10. Irlandia

Dia berada di kawasan yang diterpa iklim Kutub Utara. Lokasinya di Eropa bagian Utara.

Ibu kotanya Dublin. Luas wilayah Irlandia sekitar 70.273 kilometer persegi. Garis pantainya 1.448 kilometer.

Irlandia merupakan negara kepulauan terbesar ketiga di Eropa. Ia dikelilingi sekitar 80 pulau cukup besar. Yang dihuni cuma 20 pulau.

Negara ini sebenarnya memiliki ratusan pulau kecil yang tersebar di sepanjang Laut Irlandia di pantai timur dan di Samudra Atlantik di selatan, barat, dan utara. Achill Island adalah pulau terbesar milik negara ini.


11. Sri Lanka

Negara yang satu ini tetangga India. Ibu kotanya Kolombo. Luasnya sekitar 65.610 kilometer persegi. Garis pantainya 1.340 kilometer.

Di antara beberapa gugusan pulaunya yang cukup besar, Semenanjung Jaffna yang paling terkenal. Ia terletak di sisi utara. Luasnya sekitar 65.268 kilometer persegi.


Penutup

#GOODpeople, tak diragukan lagi, Indonesia memang negara kepulauan terbesar dengan jumlah pulau terbanyak. Kita patut berbangga, dan karenanya mari melengkapi informasi seputar sisi Indonesia yang membanggakan, via artikel lain di media daring (online) ini. []GOOD INDONESIA-LMC


Rujukan
:
Thecommonwealth.org
Japan-talk.com
Worldatlas.com
En.wikipedia.org
Telegraph.co.uk
En.wikipedia.org
Maps.ie
En.wikipedia.org


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here