Unpas Raih Penghargaan Penelitian Kompetitif Kemenristekdikti

Dr. Imas Sumiati, M.Si. (Foto: Dok. GOOD INDONESIA)

Jakarta – Dosen Universitas Pasundan (Unpas), Bandung, memenangi salah satu kategori program Penelitian Desentralisasi dan Kompetitif Nasional yang diadakan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal (Ditjen) Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Dr. Imas Sumiati, M.Si., dosen Unpas itu, menerima penghargaan kategori “Best Presenter” dalam presentasi laporan hasil penelitian. Ia menyisihkan ratusan peneliti dari perguruan tinggi klaster mandiri seluruh Indonesia.

Penetapan dan penyerahan plakat sertifikat kepada para peneliti pemenang dilaksanakan di Kantor Kemenristekdikti, Jakarta, Selasa, 26 November 2019.

Imas, yang juga asesor kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Unpas, menerima pendanaan penelitian kompetitif nasional secara multi years. Tahun pertama pada 2017.

“Judul penelitian saya pada tahun pertama, yakni ‘Desain Organisasi terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Koperasi UMKM dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat’. Penelitian ini menyorot satu dinas dengan banyak fungsi terhadap kinerja pegawainya,” papar Imas ke GOOD INDONESIA, usai menerima penghargaan.

Imas merinci dirinya melakukan analisis komparatif di kedua instansi tersebut pada 2018. Penelitian hendak menjawab bagaimana kinerja kedua instansi pasca pemisahan.

Selanjutnya pada 2019, penelitian fokus pada analisis sistem administrasi presensi “Sistem absensi belum mengubah karakter ASN (aparatur sipil negara) bekerja lebih giat. Mereka hadir sebatas takut gaji dipotong. Peneliti mencoba melakukan pendekatan dengan memasukkan konsep sidik fatonah, amanah, dan tablig ke dalam model,” ungkap Imas lagi.

Hasil penelitian ini menghasilkan model yang telah di tercatat dalam deretan Hak Kekayaan Intelektual (HKI), dan telah dibukukan. Penghargaan yang diterima Imas menambah deretan prestasi Unpas. []GOOD INDONESIA-BIH


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

2 KOMENTAR

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here