Bank Sumut Bersiap IPO Dukung Ekspansi Bisnis Komersial

Bank Sumut (Foto: banksumut.com - GOOD INDONESIA)

Jakarta – Bank Pembangunan Daerah Sumatra Utara PT Bank Sumatra Utara (Bank Sumut) memulai proses menuju Initial Public Offering (IPO) atau penguatan pendanaan untuk pengembangan usaha. Target manajemen pada 2021.

Direktur Utama PT Bank Sumatra Utara Muchammad Budi Utomo mengatakan melalui IPO diharapkan masuk tambahan modal hingga Rp5 triliun. Penambahan dana bertujuan untuk inovasi produk hingga pengembangan sistem digital.

“Belum lagi, kami lagi diversifikasi pembiayaan komersial yang konteksnya pembangunan,” kata Budi pada Senin, 6 Januari 2020.

Budi memaparkan Sumut tengah menggenjot sektor pariwisata, di antaranya destinasi Danau Toba. Kawasan pariwisata membutuhkan pembiayaan sarana penunjang, seperti hotel, restoran, dan lainnya. Perkembangan ini yang mendasari Bank Sumut merambah ke bisnis komersial.

“Untuk yang mikro, sudah dilakukan melalui pembinaan untuk pengrajin. Sebagai bank daerah wajib masuk dalam proyek strategis daerah,” lanjutnya.

Selain itu, untuk pembiayaan komersial, Bank Sumut juga membidik sektor perkebunan. Sumut memiliki potensi perkebunan kelapa sawit, karet, dan kakao skala besar.

Tak hanya itu, Bank Sumut juga melakukan pembiayaan untuk infrastruktur, perumahan hingga pembangunan jalan tol.

“Di infrastruktur jalan tol, Bank Sumut juga harus masuk di situ. Jangan di luar Sumut. Untuk itu kami butuh modal lagi. Sejauh ini memang sudah masuk pembiayaan infrastruktur, tetapi aset kami tidak bisa tumbuh cepat karena permodalan,” Budi menjelaskan. []GOOD INDONESIA-ALY


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here