Pasangan Bakal Calon Bupati-Wakil Bupati Pilkada 2020 se-NTT

Pilkada Serentak 2020 - [Foto: Dok. GOOD INDONESIA]

Kupang – Sembilan kabupaten di antara 22 kabupaten/kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 2020.

Kesembilan kabupaten tersebut, yakni tiga di Pulau Flores, dua di Pulau Sumba, tiga di Pulau Timor, dan di Sabu Raijua.

Tepatnya Manggarai, Manggarai Barat, dan Ngada (Pulau Flores), Sumba Timur, Sumba Barat (Pulau Sumba), Belu, Malaka, dan Timor Tengah Utara (TTU) di Pulau Timor, dan Sabu Raijua.

Siapa saja sosok bakal calon dan calon bupati-wakil bupati yang bakal berebut simpati rakyat? Berikut data yang dihimpun GOOD INDONESIA.


Bakal Calon Nasdem

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Nusa Tenggara Timur telah menetapkan bakal calon kepala daerah di enam kabupaten untuk bertarung dalam Pilkada serentak 2020 di daerahnya.

Enam bakal calon yang ditetapkan, yakni pasangan bakal calon bupati/wakil bupati Stefanus Bria Seran-Wondelinus Taolin di Kabupaten Malaka. Pasangan Christofer-Dadiv Melo Wadu di Kabupaten Sumba Timur.

Kemudian pasangan Niga Dapawole-Oris Pandango di Kabupaten Sumba Barat, pasangan Deno Kamelus-Viktor Madur di Kabupaten Manggarai.

Pasangan Edistasius Endi-Yulianus Weng di Kabupaten Manggarai Barat dan Nikodemus Rihi Heke-Yohanis Uly Kale di Kabupaten Sabu Raijua.

Pasangan bakal calon yang sudah ditetapkan tersebut, selanjutnya diserahkan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Nasdem untuk ditetapkan sebagai calon resmi.

Bakal calon kepala daerah di tiga kabupaten lain, masing-masing TTU, Belu, dan Ngada belum ditetapkan karena masih dalam proses.


Bakal Calon Perseorangan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT telah menerima tiga paket bakal calon perseorangan berdasar syarat dukungan yang diterimanya.

Tiga pasangan bakal calon perseorangan itu, yakni satu pasangan bakal calon menyerahkan syarat dukungan di Pilkada Manggarai Barat, dan dua lainnya di Pilkada Kabupaten Ngada.

Untuk Pilkada Manggarai Barat, pasangan bakal calon perseorangan yang menyerahkan syarat dukungan adalah Fidelis Pranda-Belasius Jeramun (Praja). Pasangan ini menyerahkan bukti dukungan berupa fotokopi KTP sebanyak 20.236. Minimalnya 16.788 dukungan.

Di Ngada, pasangan Dorothea Dhone-Arnoldus Keli Nani dan Fridus Muga-Herman Say menyetorkan syarat dukungan ke KPU setempat.


Bakal Calon Perindo di Sumba Timur

Partai Perindo memberikan surat rekomendasi bagi pasangan Matius Kitu-Embu Hapu Mbeju maju sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Sumba Timur.

Matius berlatar belakang dokter bedah selama 20 tahun.


Paket AG di Manggarai Barat

Salah satu pasangan bakal calon bupati-wakil bupati di Manggarai Barat adalah Adrianus Garu-Anggalinus Gapul (AG). Walaupun belum memastikan partai pengusungnya, AG menyatakan kesiapannya memanaskan kontestasi Pilkada 2020 Manggarai Barat.

Andre menawarkan sembilan program kerja AG. Di antaranya, tunjangan perbaikan penghasilan/kinerja bagi ASN sebesar lima kali tunjangan penghasilan sebelumnya. Termasuk di antaranya guru, tenaga medis, PPL, dan kenaikan gaji kepala desa beserta staf satu kali gaji.

Juga, penataan Kota Labuan Bajo menuju kota internasional. Penguatan infrastruktur dasar jalan air bersih irigasi dan perumahan bagi keluarga tidak mampu. Pembangunan rumah adat dan rumah ibadah bersumber dari APBD secara bertahap. Penguatan sektor pertanian, perikanan, pariwisata, peternakan, perindagkop-UKM (perindustrian, perdagangan, koperasi, dan UKM).

Ilustrasi: Pilkada 2020 [Foto: Dok. GOOD INDONESIA]


Bakal Calon PKB Manggarai

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Manggarai menggelar Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) di aula Efata Ruteng, Sabtu (18/01/2020).

Acara mukercab diisi pemaparan bakal calon bupati-wakil bupati yang sudah mendaftar di DPC PKB Manggarai.

Desk Pilkada PKB Manggarai menyebut terdapat enam bakal calon yang mengambil formulir pendaftaran. Namun hanya lima yang mengembalikan formulir pendaftaran. Mereka adalah pasangan Ganggut Agustinus-Herybertus Nabit dan tiga bakal calon Wakil bupati, yakni Adrianus Suardi, Mantovany Tapung, dan Heribertus Ngabut.

Bakal calon bupati Viktor Selamet mengambil formulir pendaftaran, tetapi tidak jadi mendaftarkan diri.


Calon Golkar di Empat Kabupaten

Partai Golkar NTT telah menetapkan bakal calon bupati-wakil bupati untuk empat di antara sembilan kabupaten yang menyelenggarakan pilkada di NTT tahun ini.

Keempat kabupaten, yakni Malaka, Ngada, Sumba Barat, dan Sumba Timur.

Para kandidat masing-masing Stef Bria Seran-Wandelinus Taolin (Malaka), Andreas Paru-Raymundus Bena (Ngada), Umbu Lili Pekuwali-Yohanes Hiwa Wunu (Sumba Timur), dan Daniel Bili-Timotius Rangga (Sumba Barat).

Golkar bisa mengusung pasangan kontestan di dua kabupaten, yaitu Malaka dan Sumba Timur.


Marthen-Agustinus di Sumba Barat

Di Sumba Barat, pasangan Marthen Ngailu Toni-Agustinus Bora yakin memperoleh surat keputusan (SK) partai politik (parpol) guna bertarung pada pilkada tahun ini. Namun, Marten yang kini menjabat wakil bupati Sumba Barat belum memastikan parpol yang memberinya SK. []GOOD INDONESIA-TON


[Update: 18/03/2020, pukul 12.48 WIB]


Like & Subscribe: Kanal Youtube GOOD TV


[Butuh jasa strategi komunikasi media? Konsultasi GOOD COMMUNICATION: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here