JFI dan JAKA Galang Gerakan Sejuta ‘Hand Sanitizer’ Gratis Hadapi Covid-19

Relawan JFI dan JAKA siap mendistribusikan donasi yang dihimpun [Foto: Dok. GOOD INDONESIA]

Pandemi covid-19 membangun solidaritas kelompok masyarakat. Bentuknya, antara lain, menggalang gerakan penanganan penyebaran virus korona secara mandiri.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dibentuk pemerintah pusat menyebutkan kasus positif covid-19 per Sabtu, 21 Maret 2020, sebanyak 450. Di antaranya dinyatakan sembuh 20 pasien dan yang meninggal dunia sebanyak 38 orang.

Di Surabaya, Jatim for Indonesia (JFI) bekerja sama dengan Jaringan Arek Ksatria Airlangga (JAKA) menggelar gerakan kemanusiaan melawan penyebaran virus korona. Relawan mengumpulkan dan membagikan hand sanitizer, masker, dan sabun antiseptik secara cuma-cuma kepada masyarakat.

“Kelangkaan dan mahalnya kebutuhan pencegahan virus korona membuat kesulitan akses menjaga diri dari virus yang cepat menular. Dalam keadaan darurat seperti saat ini, semua pihak perlu gotong royong saling membantu untuk melawan covid-19,” ujar A. Lisa Febriyanti, anggota tim Hubungan Masyarakat (Humas) Posko Relawan Korona JFI-JAKA, kepada GOOD INDONESIA, Sabtu malam, 21 Maret 2020.

Ditambahkan, gerakan kemanusiaan ini dilandasi semangat saling memberikan rasa aman atas ketakutan yang saat ini terbangun di tengah masyarakat akan pandemi covid-19.

Posko Lawan Korona JFI-JAKA kini ramai menerima donasi hand sanitizer, masker, dan sabun antiseptik. Penyumbangnya berbagai pihak dan perorangan yang peduli berbagi dalam kondisi darurat sekarang.

Selanjutnya, sarana pencegahan penularan virus korona dimaksud dibagikan ke perkampungan padat penduduk di Surabaya dan sekitarnya, seperti Krian, Sedati, Lawang, Malang, Pasuruan, Banyuwangi, dan Jember. Bahkan ke DKI Jakarta, yang kini dalam posisi paling parah terpapar virus korona.

Relawan JFI dan JAKA menyiapkan ‘hand sanitizer’ yang akan dibagi ke masyarakat umum secara gratis [Foto: Dok. GOOD INDONESIA]

Posko Lawan Korona JFI-JAKA terletak di Jalan Ketintang Madya 73, Surabaya. Masyarakat yang hendak berpartisipasi dalam gerakan kemanusiaan ini juga dapat menghubungi nomor ponsel 087878766339 (A. Lisa Febriyanti), 087852689595 (Michael Andrew), dan 082139970668 (Teguh Prihandoko).

Hingga berita ini diturunkan, jejaring JFI telah mengumpulkan sekitar 9.000 botol hand sanitizer. Sedangkan jejaring JAKA, telah menghimpun sekitar 2.000 botol. Cairan pembersih tangan ini segera didistribusikan ke masyarakat yang membutuhkan.

JFI merupakan aliansi multiinstitusi, lintas iman, lintas generasi, serta lintas etnis yang digagas Yayasan Alit. Jaringan ini aktif sejak 2018 menggalang bantuan dan membentuk tim relief tanggap bencana dari Jawa Timur (Jatim). Termasuk membantu korban bencana gempa bumi di Lombok dan Sulawesi Tengah.

Sementara JAKA adalah kumpulan alumni Universitas Airlangga yang menggagas ide Sejuta Hand Sanitizer Gratis. []GOOD INDONESIA-SJT


[INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here