Saran Menyikapi Pandemi

Karikatur: Ancaman pandemi covid-19 [Foto: Dok. Ricky Tamba - GOOD INDONESIA]

Oleh: Ricky Tamba*

Sekadar saran hasil perenungan pribadi hari ini. Usul sebagai sumbangsih anak bangsa menyikapi situasi kekinian dan proyeksi kebangsaan ke depan. Mohon perkenan para pemimpin dan elite nasional:

1. Solusi taktis, pemerintah pusat bersama DPR RI secepatnya realokasi APBN. Stop berbagai program kegiatan yang tak efisien dan padat modal. Alihkan ke penanganan jaring pengaman sosial.

Keputusan lockdown atau tidak –apapun istilahnya, sepenuhnya keputusan pemerintah, yang tentu saja berdasarkan pertimbangan dan kajian rasional ilmiah, memperhatikan masukan berbagai pihak yang kapabel dan kompeten.

2. Di sisi lain masyarakat, kalangan high end, semoga mau membangun solidaritas. Mari bergotong royong, sisihkan hartanya, membangun jejaring distribusi bantuan sembako untuk kalangan miskin.

3. Yang harus direnungkan adalah multiplier effect atas pandemi coronavirus (Covid-19), yang pasti berdampak besar terhadap kehidupan umat manusia sedunia, termasuk di Indonesia. Sebagaimana dalam foto karikatur terlampir dalam postingan ini.

4. Banyak pemikir dan akademisi cerdas melakukan analisis dan simulasi bahwa problematika pandemi Covid-19) akan berlangsung minimal hingga enam bulan ke depan.

5. Khusus untuk Indonesia, para pemimpin dan elite nasional harus mau menunjukkan keteladanan dan melakukan aksi nyata solidaritas gotong royong. Termasuk menghindari komentar yang kontroversial resisten.

Contoh yang baik telah dilakukan oleh DPR RI dengan patungan beli 40 ribu alat rapid test untuk juga dibagikan ke rumah sakit dan pemerintah daerah yang membutuhkan.

Juga terlihat berbagai ikhtiar influencer millenials menggembirakan. Juga lembaga-lembaga sosial dan para tokoh masyarakat yang menggalang solidaritas pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk dokter, perawat, dan tenaga medis di garis depan, membangun jalur distribusi makanan untuk para pekerja informal harian.

Mohon maaf bila dirasa tak berkenan. Bagi teman-teman yang mungkin merasa setuju dan seide, bisa membantu menyebarluaskan saran pribadi awak ini –yang masih jauh dari kapasitas dan kapabilitas berpikir yang mumpuni.

Jaga kebersihan dan kesehatan keluarga kita semua, mengurangi aktivitas bepergian, selalu memperbarui informasi dari pemerintah dan lembaga kredibel lainnya. Jangan terpengaruh berbagai isu dan hoaks yang tak ilmiah dan tak jelas sumbernya.

Selamat beristirahat bersama keluarga terkasih. []GOOD INDONESIA


*Penulis adalah Aktivis ’98


[INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here