Nissan GT-R, Mobil Super dengan Mesin Rakitan Tangan Eksklusif

Nissan GT-R Nismo [Foto: nissannews.com - GOOD INDONESIA]

Pehobi mobil dan balap pasti familiar dengan jenis tunggangan sporty satu ini; Nissan GT-R. Mobil super ini salah satu legenda motorsports.

Sebutan lainnya, yakni Skyline GT-R. Dalam evolusinya, seri Godzilla yang paling mencuri perhatian penyuka dunia otomotif.

Umum mengetahui Godzilla monster fiksi Jepang. Namun gelar “Godzilla” buat Nissan GT-R tidak diberikan di Jepang, negara pembuatnya. Nama ini justru disematkan di Australia, tujuan ekspor pertama.

Jepang memiliki produsen mobil raksasa lainnya. Sebut saja Toyota dan Honda. Namun, supercar kedua produsen kendaraan tak mampu menggeser dominasi Nissan GT-R.

Generasi R32 Nissan GT-R yang diekspor menggunakan mesin 2.6-liter twin-turbo straight-six. Dapur mobil super ini menghasilkan torsi 276bhp dan 361Nm dengan manual lima kecepatan.

Pada kejuaraan Tur Australia, Nissan GT-R R32 mampu membelakangi pesaingnya, termasuk Ford Sierra Cosworth. Nissan GT-R R32 juga membukukan sukses besar di Japanese Touring Car Championship.

Nissan GT-R R35 [Foto: wikipedia.org – GOOD INDONESIA]

Orang Jepang menamainya “Obakemono” alias “monster pemindah bentuk”. Setelah melihat potensi Nissan GT-R R32, majalah otomotif Australia, Wheels, edisi Juli 1989, mengulas bahwa pelaku otomotif di Negara Kanguru tidak menyukai nama Obakemono. Julukan Godzilla hingga kini masih melekat pada Nissan GT-R.

Perlu dicatat, perakitan mesin Nissan GT-R dilakukan secara manual. Bantuan mesin minimal. Lagi, disebut-sebut hanya tujuh orang teknisi yang mengetahui “resep” perakitannya. Tak mengherankan bila kualitas mesinnya terjaga dan tidak ada produsen yang bisa menirunya.

[Baca juga: Wakil Jaksa Agung Tewas Kecelakaan di Tol Jagorawi, Mobil Terbakar]

Berapa harga satu unit supercar tersebut? Nissan GT-R Premium 2020 dipatok USD115,235 atau sekitar Rp1,6 miliar. Nissan GT-R Premium 50th Anniversary Edition seharga USD123,735 atau kurang-lebih Rp1,74 miliar.

Sedangkan Nissan GT-R Track Edition 2020 senilai USD147,235 atau sekitar Rp2,08 miliar. Edisi paling tinggi harganya, yakni Nissan GT-R Nismo 2020 yang mencapai USD212,435 atau kurang-lebih Rp2,99 miliar.


GT-R Nismo

Situs web resmi Nissannews.com melansir edisi Nissan GT-R Nismo kali pertama diluncurkan pada 11 Juli 2017.

Nismo dirancang sedemikian rupa dengan mengadopsi filosofi balap. Dia menggabungkan beberapa teknologi yang diinspirasi mobil pacu di sirkuit. Model aerodinamika dioptimalkan melalui suspensi dan power train yang disetel secara khusus, memungkin dorongan mesin seimbang ketika melaju di jalan maupun trek balap.

Tampak samping Nissan GT-R Nismo [Foto: nissannews.com – GOOD INDONESIA]

Moncong GT-R Nismo lebih segar dengan bumper baru yang terbuat dari serat karbon. Isinya lapisan lembaran serat yang tumpang tindih hasil penyusunan cermat guna menghasilkan kekakuan yang ideal.

Canard dirancang meningkatkan aliran udara di sekitar kendaraan. Untuk membantu mendinginkan mesin, gril “V-motion” dengan pola jala diperbarui. Sementara sisi-sisi bumpernya dibentuk kembali secara optimal guna mempertahankan hambatan udara dan downforce mobil.

Soal dapur pacu? Dijuluki “VR38DETT”, mesin Nissan GT-R Nismo menghasilkan 441kW (600PS) –lebih 300 kilometer/jam. Tenaga yang luar biasa, tentu. Kekuatan ini ditunjang gearbox kopling ganda 6-percepatan.

Setiap mesin Nissan GT-R Nismo dirakit tangan sejak awal hingga akhir oleh teknisi terpilih. Di atas plat bagian depan mesin terdapat nama perakitnya. Sungguh eksklusif. []GOOD INDONESIA-RE


Like & Subscribe: Kanal Youtube GOOD TV


[INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here