Maling dan Begal Motor tak Takut ‘Ancaman’ Kapolres Depok

Penindakan tegas personel Kepolisian Resor (Polres) Metro Depok terhadap pelaku kriminal di tengah pandemi covid-19, belum cukup ampuh mencegah tindak kejahatan dengan kekerasan.

Kota Depok, salah satu di antara beberapa kota/kabupaten di Jawa Barat (Jabar) yang resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna memutus rantai penularan virus korona –pemicu covid-19, tetap saja menjadi sasaran kelompok kriminal.

Peringatan keras Kepala Polres (Kapolres) Metro Depok Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol.) Azis Andriansyah kepada kalangan dunia hitam jalanan itu, juga dilayangkan. Dia menegaskan agar mereka tak beroperasi di Depok. Namun, “ancaman” kepala polisi Depok dianggap angin lalu.

Begitu pula wanti-wanti kepada narapidana yang melenggang keluar penjara berkat kebijakan asimilasi pemerintah karena pandemi covid-19, namun belum meninggalkan pekerjaan lamanya, tak sepenuhnya diindahkan.

“Saya tidak ingin aktivitas warga Kota Depok terganggu. Kalau diganggu, kami akan lakukan tindakan tegas,” kata Azis kepada jurnalis di sela patroli ke beberapa pos pemantauan PSBB di Depok, Jumat, (17/4/2020).

Pada kesempatan yang sama, Kapolres mengungkapkan data kasus tindak kejahatan terkini yang tersangka pelakunya mantan narapidana asimilasi.

“Di Depok, ada dua kejadian, yang diduga pelakunya adalah eks napi yang baru keluar dari lapas (lembaga pemasyarakatan) atau rutan (rumah tahanan). Satu kejadian sudah terungkap, dan benar ternyata itu eks napi yang baru saja keluar,” ungkapnya.

Salah satu jenis kejahatan yang dominan di kota tetangga Jakarta Selatan ini, yakni pencurian kendaraan bermotor (curanmor), tanpa dan dengan kekerasan –antara lain pembegalan. Kendaraan primadona kelompok maling tiada lain sepeda motor, yang lebih gampang dijual.

Kasus terakhir, Sabtu pagi, 18 April 2020, terjadi di Komplek Taman Melati, Kecamatan Sawangan. Alsi sang maling yang menggondol satu sepeda motor di dalam halaman rumah berpagar besi, terekam kamera pengawas (CCTV). Tampak pelaku sangat ahli dalam menjalankan tindak kejahatannya.

Sementara itu, pembegalan pengendara sepeda motor terjadi di kawasan Cilangkap pada petang hari yang sama. []GOOD INDONESIA-RDY


Like & Subscribe: Kanal Youtube GOOD TV


[INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here