Olimpiade Jepang 2020 Dibatalkan Jika Pandemi Covid-19 Belum Teratasi

Maskot Olimpiade Jepang 2020 [Foto: japanect.com - GOOD INDONESIA]

Olimpiade Tokyo 2020, yang resmi ditunda, akan dibatalkan jika pandemi covid-19 tak kunjung teratasi hingga tahun depan.

Presiden Panitia Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 Yoshiro Mori mengemukakan kemungkinan pembatalan itu, Selasa, 28 April 2020.

Pandemi memaksa olimpiade ditunda setahun lamanya, yang sekarang dijadwalkan digelar pada 23 Juli 2021.

Dalam satu wawancara dengan harian olahraga Jepang Nikkan, Mori menegaskan, ketika ditanya apakah olimpiade dapat ditunda hingga 2022 jika pandemi tetap mengancam hingga tahun depan, “Tidak.”

Tidak mungkin diputuskan kembali penundaan bila kondisi pandemi belum sepenuhnya teratasi. Opsi yang ada adalah pembatalan.

Mori mengatakan rencana pelaksanaan olimpiade pernah dibatalkan akibat perang. Hari ini, katanya, dunia tengah berperang dengan “musuh yang tidak terlihat”.

Jika pandemi teratasi, “Kami akan menggelar olimpiade dalam damai musim panas mendatang.” Mori menambahkan umat dunia tengah bertaruh untuk berlangsungnya ajang olahraga terakbar tersebut.

Di bawah tekanan kuat kalangan atlet dan asosiasi olahraga, Panitia Penyelenggara Olimpiade Jepang dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) menyepakati menunda olimpiade selama satu tahun. Tepatnya hingga Maret tahun depan.

Pada hari yang sama, Kepala Asosiasi Medis Jepang Yoshitake Yokokura mengutarakan “sangat sulit” menyelenggarakan olimpiade tahun depan jika vaksin belum ditemukan.

“Saya bukan mau mengatakan mereka seharusnya tidak menyelenggarakan, tetapi akan sangat sulit,” kata Yokokura kepada pers. []GOOD INDONESIA-LMC


Like & Subscribe: Kanal Youtube GOOD TV


[INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here