Belum Turun, BBM Indonesia Lebih Murah Dibanding Negara Asean Lain

Arifin Tasrif [Foto: ayobandung.com - GOOD INDONESIA]

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia saat ini lebih murah dibanding negara-negara lain di Asia Tenggara (Asean). Bahkan ketimbang sejumlah negara lain di dunia.

Arifin mengatakan hal itu ketika ditanya wakil rakyat dalam rapat kerja bersama Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) via telekonferensi, Senin, 4 Mei 2020.

Mengenai kebijakan pemerintah belum menurunkan harga minyak, padahal harga minyak dunia terjun bebas beberapa pekan terakhir, menurut Arifin, dikarenakan penerapan harga jual bulan ini masih sama dengan April 2020.

“Lalu karena adanya pertimbangan bahwa tingginya volatilitas harga minyak dunia, membuatnya sangat tidak stabil, Dinamika naik-turunnya (harga minyak) masih kerap terjadi,” kata Arifin.

Selain itu, volume penjualan BBM dalam negeri masih mengalami penurunan signifikan, mencapai sekitar 26,4 persen pada April 2020, dibandingkan pada Januari dan Februari 2020 –sebelum pendemi covid-19 merebak.

“Dengan adanya ketidakstabilan tersebut, saat ini pemerintah masih menjaga harga karena harga minyak dunia dan kurs masih tidak stabil,” tutur Arifin.

Apalagi, lanjut Arifin, Pertamina pada awal 2020 telah menurunkan harga Pertamax dua kali, yakni pada Januari dan Februari.

Bahkan, penurunan harga BBM itu cukup signifikan, yakni mencapai Rp300 sampai Rp1.750 per liter pada Januari. Sedangkan Rp50 sampai Rp300 per liter pada Februari. []GOOD INDONESIA-ALY


Like & Subscribe: Kanal Youtube GOOD TV


[INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here