Hanafi Rais Undur Diri, Nilai PAN Cuma Perjuangkan Kepentingan Penguasa

Hanafi Rais [Foto: hanafirais.id - GOOD INDONESIA]

Politikus Hanafi Rais mengundurkan diri dari Partai Amanat Nasional (PAN). Putra pendiri PAN Amien Rais menyampaikan surat resmi pengunduran diri pada Selasa, 5 Mei 2020.

Selain meninggalkan PAN sebagai pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) periode 2020-2025, Hanafi menanggalkan posisinya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2019-2024.

Dalam suratnya, Hanafi mengatakan PAN hari ini tak lagi menegakkan prinsip keadilan. PAN lebih condong memperjuangkan kepentingan penguasa. Sepatutnya, katanya, pasca Kongres V PAN di Kendari yang berlangsung panas, PAN seharusnya bertaubat.

Kongres V mengukuhkan Zulkifli Hasan kembali memimpin PAN. Dia ketua umum DPP PAN pertama yang menjabat dua periode.

“Saya menilai PAN melewatkan momentum memperbaiki diri agar lebih bijaksana dalam berorganisasi dan bersikap,” ujar Hanafi dalam suratnya.

Menurutnya, kecenderungan melakukan konformitas terhadap kekuasaan, sekalipun didahului kritik-kritik, bukanlah sikap yang adil di saat banyak kader dan simpatisan yang menaruh harapan PAN menjadi antitesis pemegang kekuasaan.

“Hanya ridha Allah yang saya tuju. Mohon maaf lahir dan batin atas segala kekurangan saya. Semoga Allah mengampuni dosa dan kesalahan saya dan kita semua,” sebut Hanafi.

Politikus PAN Muhammad Asri Anas mengonfirmasi surat yang beredar di kalangan pers benar berasal dari Hanafi. Dia menulisnya sendiri.

“Saya sudah konfirmasi sama Hanafi. Benar beliau mundur, seperti di surat,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulawesi Barat itu.

Asri menambahkan ia pun mengikuti jejak Hanafi, mundur dari kepengurusan PAN pada hari yang sama.

Diutarakan pula bahwa Amien Rais meminta sejumlah kader PAN menggelar rapat lewat video conference pada hari ini.

Dua pengurus DPP PAN Saleh Partaonan Daulay dan Yahdil Harahap mengaku belum mengetahui pengunduran diri Hanafi. Saleh meminta agar informasi dimaksud dicek langsung ke Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN Eddy Soeparno.

“Tolong dicek ke Ketum atau Sekjen, ya. Saya belum dapat info,” kata Saleh.


Rakernas Bahas Perppu

DPP PAN hari ini tengah menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I secara daring (online). Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno menyatakan forum rakernas membahas pelbagai soal nasional yang strategis.

Hal itu di antaranya terkait Perppu Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) dan terkait Omnibus Law RUU Cipta Kerja. []GOOD INDONESIA-RMK


Like & Subscribe: Kanal Youtube GOOD TV


[INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here