Asisten Profesor Peneliti Covid-19 Asal Cina Ditembak di Pittsburgh

Dr. Bing Liu dan Laboratorium Biologi Komputasi tempatnya bekerja [Foto: dailymail.co.uk]

Dr. Bing Liu, asisten profesor peneliti di Universitas Pittsburgh yang diyakini berhasil menghadirkan “temuan sangat signifikan” dalam melawan pandemi covid-19, ditemukan tewas di rumahnya, Sabtu lalu (2/5/2020).

Korban sedang sendirian di kediamannya di Ross Township Blok 200, Pittsburgh, Amerika Serikat (AS), ketika seorang yang diidentifikasi sebagai Hao Gu (46 tahun) masuk ke rumah yang tidak dikunci, kemudian melepaskan beberapa kali tembakan.

Polisi menjelaskan Liu ditembak di kepala, leher, dan dada.

Tak jauh dari lokasi kejadian, polisi menemukan mayat Gu di sebuah mobil. Penyelidik menyimpulkan lelaki dimaksud adalah pelaku penembakan Liu sebelum menembak kepalanya sendiri di mobil.

Reserse Brian Kohlhepp, sebut CNN pada Rabu, 6 Mei 2020, menjelaskan kedua pria saling kenal. Namun, “tidak ada indikasi penargetan pembunuhan sesama Cina.”

Pihak Universitas Pittsburgh mengeluarkan pernyataan pers atas pembunuhan Liu. Universitas sangat berduka atas kematian tragis Liu. Doktor ini dinilai sebagai peneliti produktif yang dikagumi di kampus.

“Bing berada di ambang temuan yang sangat signifikan untuk memahami mekanisme seluler yang mendasari infeksi SARS-CoV-2 dan dasar seluler komplikasi berikut,” kata rekan-rekannya di Departemen Biologi Komputasi dan Sistem.

Kalangan dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Pittsburgh menggambarkan Liu sebagai mentor luar biasa. Tim peneliti berjanji menyelesaikan penelitian yang dilakukan Liu sebagai penghormatan atas kapasitas peneliti berusia 37 tahun tersebut.

Media Dailymail yang lebih awal menayangkan berita ini melaporkan Liu memperoleh gelar S1, S2, dan S3 bidang Ilmu Komputer di National University of Singapore. Dia kemudian melakukan studi postdoctoral di University Pittsburgh.

Bergabung enam tahun lalu, Liu telah menelorkan 30 publikasi ilmiah dan tengah menyiapkan satu buku atas berbagai penelitian yang dilakukannya.

Liu meninggalkan seorang istri dan orang tua, yang masih tinggal di Cina. []GOOD INDONESIA-RUT


Like & Subscribe: Kanal Youtube GOOD TV


[INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here