Pusat Perbelanjaan Modern di Surabaya Tetap Buka Hingga Lebaran

Ilustrasi: Mal di Surabaya [Foto: headtopics.com - GOOD INDONESIA]

Pusat perbelanjaan modern alias mal di Surabaya tetap beroperasi menyambut lebaran, yang diperkirakan Minggu besok (24/5/2020).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Surabaya Irvan Widyanto mengatakan petugas gabungan memantau dan mengawasi pusat perbelanjaan secara ketat.

“Kami selalu mengingatkan pemilik toko untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan. Kami juga mengingatkan para pengunjung selalu pakai masker, jaga jarak, dan tidak berkerumun,” kata Irvan, Jumat, 22 Mei 2020.

Mal-mal dimaksud, yakni Tunjungan Plaza, Grand City, Pakuwon Super Mall, Delta Plaza Surabaya, BG Junction, dan beberapa lainnya.

“Setiap mal itu berbeda-beda penanganannya. Prinsipnya, pengelola dan pengunjung mal harus ikut aturan PSBB tahap II di Kota Surabaya,” tuturnya.

Terpisah, Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DPRD Surabaya Lutifiyah memastikan pihaknya terus berkoordinasi guna memantau kondisi perekonomian di tengah pandemi covid-19.

Koordinasi digelar bersama Gugus Tugas, Satpol-PP, Bagian Hukum, Perekonomian, Perdagangan, dan Linmas Kota Surabaya, melalui konferensi daring (online).

“Hasil rapat, pusat perbelanjaan elektronik diizinkan buka, seperti WTC (World Trade Center),” katanya.

Syaratnya, menurut Lutifiyah, pihak pedagang maupun masyarakat harus disiplin dan tertib menjalankan protokol kesehatan.

Di depan pintu masuk pusat perbelanjaan disiapkan penjagaan ketat. “Jadi yang masuk harus memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak. Itu arahan kami,” ujarnya.

Luthfiyah mengatakan pertimbangan dan kebijakan mengizinkan mal tetap beroperasi diambil karena pandemi covid-19 tak diketahui kapan berakhir.

“Kalau lama semua akan susah juga. Untuk itu ekonomi harus tetap berjalan, meskipun agak melemah. Tetapi perekonomian tidak boleh mati,” Luthfiyah memberi alasan. []GOOD INDONESIA-SJT


Like & Subscribe: Kanal Youtube GOOD TV


[INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here