Polisi Habis-habisan Cegah Pemudik Kembali ke Jakarta

Polisi cegat pemudik lebaran 2020 [Foto: liputan6.com - GOOD INDONESIA]

Pemudik yang berhasil meninggalkan metropolitan Jakarta menuju kampung halaman untuk berlebaran kemungkinan besar tidak mudah segera kembali ke ibu kota Indonesia.

Polisi melakukan penyekatan lebih ketat pada arus balik Idul Fitri 1441 H/2020 M ketimbang pencegahan arus mudik, tetap dalam rangka mencegah penyebaran virus korona.

“Evaluasi mudik, mudik dilarang termasuk nanti balik dilarang. Jadi mudik dan balik itu dilarang,” kata Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Kepala Korlantas Polri) Inspektur Jenderal Polisi (Irjenpol) Istiono saat dikonfirmasi wartawan, Minggu, 24 Mei 2020.

Penyekatan arus balik dilakukan di daerah terhadap arus lalu lintas menuju Jakarta. Termasuk di ruas Pantai Utara Jawa (Pantura) maupun jalur selatan. Pos-pos penyekatan telah disiapkan.

“Nanti kita lakukan penyekatan, baik dari Jawa Timur di ruas tol jalur pantura maupun jalur selatan. Penyekatan di ruas tol, jalur Pantura tengah dan selatan, serta di wilayah Jawa Barat di daerah tol Pantura dan selatan,” katanya.

Istiono menegaskan bagi warga yang hendak ke Jakarta dan sekitarnya harus punya Surat Izin Keluar Masuk. Apabila tidak punya maka mereka akan diputar balik karena sementara ini tidak diperbolehkan masuk ke area Jakarta dan sekitarnya. Masyarakat diminta mematuhi ketentuan ini, semata-mata guna menanggulangi pandemi covid-19.

“Untuk akses masuk Jakarta harus ada izin. Kalau tidak, putar balik. Tidak bisa ke Jakarta sebelum punya izin sesuai dengan Pergub 47 dan SE,” katanya.

Sebanyak 171.000 personel gabungan TNI-Polri dan instansi terkait melaksanakan Operasi Ketupat 2020 dalam rangka mengawal larangan mudik lebaran 2020 selama masa pandemi covid-19. Mereka bertugas sejak 24 April hingga 31 Mei 2020 atau H+7 Lebaran. []GOOD INDONESIA-RMK


Like & Subscribe: Kanal Youtube GOOD TV


[INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here