12 Negara Nol Kasus Positif Covid-19, Strateginya?

Ilustrasi: Perbatasan wilayah antarnegara [Foto: crisisgroup.org - GOOD INDONESIA]

Hingga Desember 2019, virus korona cuma mewabah di Cina. Beberapa pekan kemudian, memasuki 2020, virus korona telah menyebar di berbagai negara. Pandemi covid-19 sontak menyibukkan pemerintah dan warga hampir seluruh negara di planet Bumi.

Aljazeera pada Kamis, 4 Juni 2020, melaporkan bahwa penyakit pernapasan yang ditularkan dari cairan tubuh –seperti lendir batuk dan air liur– kini menjangkiti warga di 188 negara.

Berdasar rekomendasi ilmuwan, pemerintah di seluruh dunia mengondisikan warganya untuk senantiasa menjaga jarak fisik dan tetap di rumah saja bila tidak memiliki tujuan mendesak di luar.

Tim Universitas Johns Hopkins mencatat lebih 6,5 juta orang telah positif terinfeksi virus korona. Di antaranya sebanyak 2,8 juta pasien dinyatakan sembuh. Sedangkan sekitar 386 ribu meninggal dunia.

Data yang dihimpun GOOD INDONESIA melalui situs web World Health Organization (WHO) pada Jumat, 5 Juni 2020, pukul 00.45 WIB, kasus positif covid-19 di 216 negara sebanyak 6.416.828. Jumlah kematian: 382.867.

Berikut beberapa negara yang belum melaporkan adanya kasus covid-19 di wilayahnya:

1. Kiribati
2. Pulau Marshall
3. Mikronesia
4. Nauru
5. Korea Utara
6. Palau
7. Samoa
8. Pulau Solomon
9. Tonga
10. Turkmenistan
11. Tuvalu
12. Vanuatu

Sebagian besar yang disebutkan di atas adalah negara-negara di Kepulauan Pasifik di Oceania.


Korea Utara

Korea Utara (Korut) yang berpenduduk 25,8 juta jiwa merupakan negara pertama di dunia yang menutup perbatasannya saat covid-19 mewabah di Cina.

Korut, yang bertetangga langsung dengan Cina, menutup perbatasannya pada 21 Januari 2020. Belum dibuka hingga sekarang.

Selain menutup perbatasan, Korut menerapkan peraturan sangat ketat terhadap orang yang masuk, asing maupun warga sendiri. Mereka wajib dikarantina selama dua bulan.

Apakah laporan nol kasus positif covid-19 oleh pihak berwenang Korsel benar sebuah fakta? Memang masih perlu penelusuran.


Turkmenistan

Berpenduduk 6.031.200 jiwa. Negara di Asia Tengah yang berbatasan dengan Kazakhstan, Uzbekistan, Tajikistan, Iran, dan Afghanistan. Semua tetangganya ini tak luput dari paparan virus korona.

Turmenistan cepat menutup perbatasan daratnya saat covid-19 mengamuk di Cina. Sejak awal Februari 2020, pemerintahnya juga membatalkan semua penerbangan ke dan dari Cina.


Kepulauan Solomon

Berada di Oseania. Populasinya 686.884 jiwa. Kepulauan Solomon adalah salah satu negara yang paling jarang dikunjungi di dunia.

Penerbangan langsung ke negara ini hanya ada di Australia, Papua Nugini, dan Vanuatu.

Sejak awal Februari, seperti umunya negara Kepulauan Pasifik, Kepulauan Solomon mewajibkan sertifikat medis bagi orang yang masuk. Orang luar, misalnya wisatawan, yang berasal dari negara yang memiliki kasus covid-19 wajib menjalani karantina 14 hari. []GOOD INDONESIA-RUT


Like & Subscribe: Kanal Youtube GOOD TV


[INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here