Arab Saudi Kembali Buka Masjid, Kecuali di Mekah dan Jedah

Suasana Ka'bah saat 'lockdown' [Foto: alaraby.co.uk - GOOD INDONESIA]

Sekitar 90 ribu masjid di Arab Saudi kembali mengelar salat Jumat mulai hari ini, 12 Juni 2020, kecuali di Mekah dan Jedah. Masjid ditutup sekian pekan terkait serangan pandemi covid-19.

Mengutip pejabat Kementerian Urusan Islam, Kantor Berita Arab Saudi SPA (Saudi Press Agency) memberitakan masjid dibuka 40 menit sebelum azan atau panggilan salat, dan ditutup 10 menit setelah jumatan.

Mengumumkan data terbaru, Kementerian Kesehatan setempat menyebutkan terdapat 3.733 kasus positif covid-19 terbaru. Dengan demikian total kasus infeksi virus korona menjadi 116.021. Sementara pasien yang pulih 2.065 orang, sehingga totalnya menjadi 80.019.

Kementerian Kesehatan juga mengonfirmasi 38 kematian baru akibat covid-19. Totalnya menjadi 857 orang.


Protokol Ketat

Alaraby melaporkan kebijakan membuka kembali masjid dilaksanakan dengan pelaksanaan protokol penanggulangan covid-19 secara ketat. Ruang masjid dan sarana di dalamnya dibersihkan terlebih dahulu.

Jemaah diwajibkan mencuci tangan sebelum masuk ke masjid. Jemaah juga senantiasa diingatkan untuk menjaga jarak fisik satu sama lain. Termasuk agar memakai masker dan tanpa bersalaman.

Alaraby juga memberitakan areal Ka’bah di Mekah, pusat ummat Islam menjalankan ibadah haji, masih ditutup. Sementara Al Masjid An-Nawabi di Madinah sudah dibuka, namun halaman luar saja.

Kementerian Urusan Islam Arab Saudi telah mengirim pesan teks tentang kebijakan tersebut ke warganya dan pihak berkepentingan lain dalam berbagai bahasa.

Kebijakan lain yang berkaitan dengan pembukaan kembali masjid, yakni anak usia di bawah 15 tahun dilarang mendirikan salah di masjid. Orang tua diingatkan supaya menuntun anaknya salat di rumah.

Pemerintah juga mengatur durasi khotbah jumat cukup 15 menit.

Menilai kebijakan dimaksud, ahli kesehatan setempat menyatakan masih khawatir kasus positif covid-19 di Arab Saudi masih berlanjut. []GOOD INDONESIA-RUT


Like & Subscribe: Kanal Youtube GOOD TV


[INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here