Teror Maling Motor di Rangkapan Jaya Depok

Depok – Kasus pencurian kendaraan bermotor roda dua –kerap disingkat motor– meneror warga Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat.

Informasi yang dihimpun GOOD INDONESIA dari warga dan beberapa tokoh masyarakat menyebutkan di tiga RT di RW 02 saja, terjadi 10 kasus pencurian motor dalam sebulan terakhir. Beberapa di antaranya, warga kehilangan barang elektronik selain kendaraan.

“Yang saya tahu di RT 01, 02, dan 10 saja ada 10 kasus. Belum di RW lain di Rangkapan Jaya. Bisa puluhan kasus maling motor dalam sebulan terakhir,” kata Erwin Idris, mantan Ketua RT 01/02, yang sehari-hari berprofesi sebagai guru, saat dihubungi di Depok, Jumat, 13 Desember 2019.

Kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di RT 01/02 dikonfirmasi Ketua RT 01/02 M. Nizar Hibatullah. Kejadiannya beruntun, dan hingga kini belum satupun pelaku yang ditangkap aparat berwajib.

“Korban melapor ke polisi. Semoga saja pelakunya segera ditangkap agar masyarakat tenang,” harap Nizar, terpisah.

Kasus curanmor terakhir di Rangkapan Jaya menimpa Novia Falentino. Ia kehilangan motor merek Vario yang digondol maling meskipun dalam kondisi memakai kunci pengaman ganda.

Kunci pengaman bukan masalah bagi kawanan maling motor yang meneror warga Rangkapan Jaya. Rizal, warga RT 01/02, kehilangan motornya saat pagar rumahnya digembok rapat. Gembok pagar ditemukan meleleh sesaat pencurian terjadi pada subuh hari.

Sementara di RT 06/02, korbannya adalah keluarga prajurit aktif Kopassus, TNI AD.

Seorang tokoh pemuda RT 02/02, yang meminta namanya tidak dicantumkan, menginformasikan hal serupa. Ia mengungkapkan tiga curanmor terjadi di sekitar rumahnya dalam beberapa pekan terakhir.

Video di atas menunjukkan dua orang tak dikenal warga setempat diduga berencana melakukan pencurian di RT 02/02, Kelurahan Rangkapan Jaya. Mereka terekam kamera pemantau (CCTV) milik salah seorang warga pada 4 dan 11 Desember 2019.

“Tiga motor hilang. Beberapa kasus sempat digagalkan. Saya sendiri yang pergoki malingnya. Sempat gemeteran saya. Ngeri kriminal di kampung ini,” ujar pemuda tersebut di rumahnya.

Ditambahkan, “Mohon polisi bertindak.”

Kampung Gerogol, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok (Foto: Ridwan Ewako – GOOD INDONESIA)


Perkiraan Warga

Beberapa orang warga kepada GOOD INDONESIA menyampaikan perkiraan asal kawanan maling motor dan benda berharga lain di Kampung Gerogol (meliputi RW 01 dan RW 02), Rangkapan Jaya, bukanlah orang jauh atau luar kelurahan ini. Mereka diduga kuat warga setempat.

“Mereka paham kondisi lingkungan sini. Kalaupun ada pelakunya orang luar, pasti dibantu atau bekerja sama dengan warga dalam,” ujar seorang warga RT 02/02, yang meminta namanya dirahasiakan.

Belum tertangkapnya seorangpun pelaku curanmor membawa warga berspekulasi. Seorang warga yang tertangkap mencuri handphone di Kecamatan Cinere, Depok, menjadi sasaran kecurigaan. Video penangkapan beredar di tengah warga. Kecurigaan menjadi-jadi karena kasusnya dikabarkan tidak berlanjut di Kepolisian Sektor (Polsek) Cinere.

“Kecurigaan-kecurigaan sebenarnya tidak baik. Terlebih sesama warga, tapi ini tidak bisa disalahkan juga sebab belum ada maling yang ditangkap,” kata seorang pengurus masjid di Kampung Gerogol, yang juga enggan jatidirinya ditulis. []GOOD INDONESIA-RDY


[Update: 14/12/2019, pukul 23.39 WIB]


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here