Wali Kota Bengkulu Larang Pungutan Penerimaan Siswa Baru

Murid Sekolah Dasar belajar di luar kelas [Foto: Ridwan Ewako - GOOD INDONESIA]

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan mewanti-wanti pengelola sekolah di bawah kewenangannya, yakni mulai PAUD hingga SMP sederajat, tidak memungut biaya apapun dalam penerimaan siswa baru.

“Kami berupaya membantu meringankan beban masyarakat akibat dampak civid-19, salah satunya dengan menggratiskan segala bentuk pungutan di sekolah,” ujar Helmi kepada pers, Minggu, 31 Mei 2020.

Instruksi itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 422/771/L.D.DIK/2020 itu tentang Petunjuk Penerimaan Siswa Baru di Kota Bengkulu.

Surat yang ditandatangani pada 29 Mei 2020 itu menyebutkan dalam upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, mengingat saat ini kondisi ekonomi masyarakat yang susah akibat pandemi covid-19 maka pihak sekolah dilarang melakukan pungutan dalam bentuk apapun.

Sekolah juga dilarang membebani siswa dengan ketentuan pakaian seragam. Jika ada orang tua kesulitan menyediakan seragam sekolah, jangan dipaksa.

Apabila manajemen sekolah dalam pelaksanaan penerimaan siswa baru masih melakukan pungutan, orang tua atau wali siswa dapat melaporkan langsung ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu .

Penjelasan serupa diutarakan Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kota Bengkulu Rosmayetti. “Kalau ada sekolah yang masih melakukan pungutan bisa laporkan ke saya,” ujarnya. []GOOD INDONESIA-BMU


Like & Subscribe: Kanal Youtube GOOD TV


[INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here