87 Pasangan Calon Kepala Daerah Kalah Menggugat ke MK

Pemungutan suara Pilkada Depok 2020 [Foto: Ridwan Ewako - GOOD INDONESIA]

Sikap tidak legowo kontestan pemilihan umum (pemilu) di Indonesia masih tinggi. Hal ini tergambar pada jumlah gugatan hasil Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 pada 9 Desember lalu.

Pendaftaran gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) hingga Senin, 21 Desember 2020, pukul 10.00 WIB, tercatat 87. Para penggugat adalah pasangan calon gubernur-wakil gubernur, wali kota-wakil wali kota, dan bupati-wakil bupati yang kalah perolehan suara.

Di antaranya, kemenangan Calon Bupati-Wakil Bupati Bandung Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan. Pasangan yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partrai Nasional Demokrat (Nasdem), dan Partai Demokrat (PD) ini memperolej 928.602 suara.

Pasangan yang diusung Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kurnia Agustina-Usman Sayogi hanya memperoleh 511.413 suara.

Kontestan yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) Yena Masoem-Atep berada di posisi buncit dengan perolehan 217.780 suara.

Kemenangan Dadang-Sahrul digugat ke MK oleh Kurnia Agustina-Usman Sayogi, pasangan nomor urut coblos.

[Baca juga: Perolehan Suara Idris-Pradi pada Pilkada Kota Depok 2015]

Pemilu Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Bengkulu juga diwarnai aksi menggugat ke MK. Pemohonnya pasangan calon coblos 3 Agusrin Maryono-Imron Rosyadi, yang memperoleh 271.687 suara. Pasangan nomor coblos 2 Rohidin Mersyah-Rosjonsyah mengantongi 418.429 suara, perolehan tertinggi.

Secara keseluruhan, data sementara jumlah permohonan sengketa pemilu bupati-wakil bupati (pilbup) sebanyak 77. Sedangkan sengketa pemilu wali kota-wakil wali kota (pilwalkot) sebanyak sembilan permohonan.

Sebaran wilayah pilkada yang masuk MK terbanyak di Sumatera Utara (Sumut), yakni sebanyak 10 perkara. Disusul Papua Barat dan Maluku Utara, masing-masing tujuh perkara.

Angka di atas kemungkinan bertambah karena MK masih menerima permohonan gugatan, secara daring (online) ataupun didaftarkan langsung ke Gedung MK, Jakarta Pusat. []GOOD INDONESIA-RMK

Like & Subscribe: Kanal Youtube GOOD TV

INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here