201 Calon PPS KPU Kota Sukabumi Ikut Tes, Wajib Netral dan Independen

Pelaksanaan tes tertulis calon anggota PPS yang digelar PPK Kecamatan Warudoyong. Lokasi kegiatan di aula Kantor Kecamatan Warudoyong (Herry Febrianto/PemiluUpdate.com)

Kota Sukabumi – KPU Kota Sukabumi menggelar tes tertulis calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) bagi Pilgub Jawa Barat dan Pilwalkot Kota Sukabumi 2018. Peserta yang lulus akan ditempatkan di 33 kelurahan.

Pelaksanaan tes tertulis dilakukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang berlokasi di tujuh kantor kecamatan se-Kota Sukabumi secara serentak, Jumat, 3 November 2017. Dari total 222 orang pendaftar, hanya 201 orang yang mengikuti tes tertulis, sedangkan 21 orang tidak hadir.

Ketua KPU Kota Sukabumi Hamzah mengatakan proses seleksi calon anggota PPS yang melibatkan PPK sebagai bentuk kepercayaan pihak KPU. 

“Mereka (PPK) orang terbaik dan memiliki integritas tinggi sebagai penyelenggara pemilu di wilayah. Mereka juga memiliki kompentensi yang diperlukan,” ujar Hamzah kepada PemiluUpdate.com di kantornya, Kota Sukabumi, Jumat, 3 November 2017. 

Hasil tes tertulis sendiri akan diumumkan oleh KPU pada 5 November 2017. Selanjutnya digelar tes wawancara pada 6 November 2017. Agenda pelantikan anggota PPS terpilih pada 10-11 November 2017.

“Bagi anggota PPS yang terpilih dan dilantik diharap menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, sebagai bagian penyelenggara pemilu atau pilkada di tingkat kelurahan. Paling terpenting, mereka wajib menjaga independensi, netralitas, profesionalitas, dan integritas,” harapnya.

[Baca juga: 80 Anggota Panitia Pemilu Kecamatan Bandung Barat Dilantik]

Sementara itu Ketua PPK Kecamatan Warudoyong Taufik Kurochman menjelaskan proses rekrutmen anggota PPS yang dilakukan bertujuan mewujudkan perhelatan pemilu yang maslahat. Taufik juga menegaskan seluruh anggota PPS dituntut menjunjung tinggi integritas dan netralitas.

“Kita mencari anggota PPS yang tidak terindikasi simpatisan atau anggota partai. Intinya harus netral dan independen,” jelasnya.

Khusus di Kecamatan Warudoyong, ungkap Taufik, calon anggota PPS yang mendaftar sebanyak 31 orang. Namun yang mengikuti tes tertulis hanya 29 orang, sedangkan dua orang tidak hadir.

Data calon anggota PPS yang mengikuti ujian tertulis di tujuh kecamatan:

1. Cikole – pendaftar 41 orang, hadir 39 orang dan tidak hadir 2 orang.
2. Citamiang – pendaftar 39 orang, hadir 33 orang dan  tidak hadir 6 orang.
3. Baros – pendaftar 27 orang, hadir 24 orang dan tidak hadir 3 orang.
4. Cibeureum – pendaftar 20 orang, hadir 18 dan tidak hadir 2 orang.
5. Lembursitu – pendaftar 31 orang, hadir 31 orang.
6. Warudoyong – pendaftar 31 orang, hadir 29 orang dan tidak hadir 2 orang.
7. Gunungpuyuh – pendaftar 33 orang, hadir 27 dan tidak hadir 6 orang. []Herry Febrianto


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here