‘covid19.go.id’, Situs Web Resmi Pandemi Korona Milik Pusat

Doni Monardo (kanan) [Foto: bnpb.go.id - GOOD INDONESIA]

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPP Covid-19) meluncurkan situs web resmi (covid19.go.id) yang khusus mengabarkan kondisi penanganan pandemi virus korona. Pemerintah berharap informasi penanganan pandemi merujuk pada satu sumber resmi.

GTPP Covid-19, melalui rilisnya pada Rabu, 18 Maret 2020, menyatakan covid19.go.id dikembangkan tim komunikasi risiko dan pelibatan masyarakat untuk penanggulangan covid-19. Tim terdiri atas unsur pemerintah, UNICEF, WHO, organisasi masyarakat sipil, hingga dunia usaha.

Ketua GTPP Covid-19 Doni Monardo mengatakan saat ini informasi tidak akurat beredar luas di masyarakat. Situs resmi covid-19 dihadirkan untuk memastikan masyarakat mendapatkan akses informasi akurat mengenai penanganan pandemi korona.

“Kami menyadari masyarakat butuh akses pada informasi akurat, cepat, dan terpercaya. Untuk itulah mengapa situs covid19.go.id dibuat agar bisa menjadi sumber informasi resmi satu pintu,” kata Doni.

Dijelaskan, selain sebagai sumber rujukan informasi, pengelola mengusung pesan utama agar masyarakat melindungi diri dan sesama.

Doni, yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berharap upaya menghadapi pandemi korona dilakukan bersama semua pihak, dengan disiplin tinggi mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

“Di antaranya menjaga jarak aman dengan bekerja, beribadah, belajar dari rumah, serta selalu melakukan praktik kebersihan dasar, khususnya cuci tangan menggunakan sabun,” tandas Doni.

Pesan mengenai tiga langkah penting yang termuat dalam situs tersebut, yaitu cara mengurangi risiko penularan, cari informasi yang benar, dan apa yang perlu dilakukan bila sakit.

Data statistik mengenai jumlah kasus positif korona akan diperbarui secara real time. Selain itu, ada hoax buster, yang akan menentukan sebuah informasi tentang korona benar atau bohong.


Situs Web DKI Jakarta

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta melalui Tim Tanggap Covid-19 meluncurkan situs web khusus menghadapi pandemi korona. Alamatnya corona.jakarta.go.id.

Portal ini diperkenalkan pada 6 Maret 2020 oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Pemprov , DKI Jakarta Atika Nur Rahmania.

Situs ini menyajikan informasi lengkap seputar covid-19, data Orang Dalam Pemantauan (ODP), serta layanan dan tindakan pemprov terkait pandemi.

Informasi yang disajikan berasal dari Dinas Kesehatan yang telah diverifikasi dan dilaporkan ke Kementerian Kesehatan (untuk data pemantauan dan pengawasan).

Situs resmi korona DKI Jakarta mendapat sambutan positif masyarakat, bukan cuma warga ibu kota negara, namun nasional sebab hadir terawal.

Situs web corona.jakarta.go.id sempat dilumpuhkan peretas atau hacker pada 12 Maret 2020.

“Mohon maaf, situs corona.jakarta.go.id sedang sulit diakses karena mendapat serangan DDoS. Saat ini sedang ditangani tim Kominfotik DKI,” demikian pengumuman Pemprov DKI Jakarta.

“Hotline #JakartaTanggapCovid19 112 atau 0813 8837 6955 tetap bisa diakses, jika memiliki pertanyaan seputar COVID-19,” bunyi pengumuman itu. []GOOD INDONESIA-RMK


[INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here