Dubes RI di Lebanon Pastikan WNI Selamat dari Ledakan Dahsyat Beirut

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Lebanon Hajriyanto Y. Thohari menyampaikan bahwa Warga Negara Indonesia (WNI) di Beirut, Lebanon, selamat dari ledakan dahsyat pada Selasa malam, 4 Agustus 2020.

“Berdasarkan pengecekan terakhir, seluruh WNI dalam keadaan aman dan selamat,” ujar Hajriyanto dalam keterangan tertulis yang diterima GOOD INDONESIA, Rabu, 5 Agustus 2020.

Diungkapkan, tercatat 1.447 WNI di Lebanon. Sebagian besar di antaranya, yakni 1.234 orang, anggota Kontingen Garuda. WNI sipil hanya 213 orang, termasuk di antaranya mahasiswa dan keluarga jajaran Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI).

Menurut Hajriyanto, pihaknya telah memonitor dan menyampaikan imbauan melalui whatsapp group (WAG) dan simpul-simpul WNI lainnya. Atas lanbgkah ini diketahui bahwa WNI di Beirut terpantau aman. KBRI meminta WNI segera melapor apabila berada dalam situasi tidak aman.

Dubes RI untuk Lebanon juga mengungkapkan seorang WNI yang sedang di karantina di Rumah Sakit (RS) Rafiq Hariri, Beirut. Lokasi RS ini tidak jauh dari lokasi ledakan, namun KBRI memperoleh konfirmasi yang bersangkutan selamat dari ledakan.


Bahan Rentan Meledak

Hajriyanto, yang politikus Partai Golkar itu, menginformasikan ledakan besar terjadi di Port of Beirut pada pukul 18.02 waktu setempat. Lokasi pelabuhan berdekatan dengan beberapa komplek perumahan.

Tingkat kehancuran dan kerusakan properti dalam radius beberapa kilometer dari pusat ledakan.

Ditambahkan, sumber awal menyebutkan sumber ledakan diduga berasal dari salah satu hangar besar yang dijadikan gudang bahan-bahan yang rentan meledak.


PM Lebanon Geram

Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab bersumpah akan menangkap pihak di bekalang ledakan. Dia akan meminta pertanggungjawaban atas ledakan besar yang menewaskan puluhan orang dan ribuan orang luka-luka.

“Apa yang terjadi hari ini tidak akan berlalu tanpa pertanggungjawaban. Mereka yang bertanggung jawab atas bencana ini akan membayar harganya,” kata Hassan dalam pidato yang disiarkan televisi, seperti yang dilansir AFP, Rabu (4/8/2020). []GOOD INDONESIA-ALY


Like & Subscribe: Kanal Youtube GOOD TV


[INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here