Pertagas Resmi Salurkan Gas ke Pembangkit Listrik Pusako Kabupaten Siak

Jaringan pipa penyaluran gas PT Pertamina Gas (Pertagas) [Foto: Dok. SKK Migas - GOOD INDONESIA]

Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Badan Operasi Bersama PT Bumi Siak Pusako-Pertamina Hulu (BOB PT BSP-Pertamina Hulu) mulai menerima pasokan gas. Hal ini dikukuhkan dalam seremonial daring (online) di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Jumat, 28 Agustus 2020.

Produksi gas dialirkan dari PT Pertamina Gas (Pertagas) ke Pembangkit Listrik (Power Plant) BOB BSP di Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak.

Deputi Operasi SKK Migas (Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi) Julius Wiratno mengatakan pasokan gas tersebut memungkinkan operasi kelistrikan mendukung meningkatkan produksi minyak bumi di BOB PT BSP-Pertamina Hulu.

‚ÄúSelama ini BOB mendapatkan suplai gas dari KKKS Energi Mega Persada (EMP) Malacca Strait, namun perjanjian jual-beli gas dengan EMP telah berakhir pada 4 Agustus 2020,” kata Julius dalam sambutannya di acara peresmian.

Sebelumnya BOB PT BSP-Pertamina Hulu dan Pertagas melakukan kerja sama perjanjian jual-beli gas berdasar amendemennya sejak Oktober 2019. Di dalam perjanjian, Pertagas menyalurkan gas yang dibutuhkan oleh pembangkit listrik sebesar 6 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd).

Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau siap mendukung pengaliran gas ke BOB PT BSP-Pertamina Hulu.

Guna memenuhi kebutuhan operasional BOB PT BSP-Pertamina Hulu bersama BUMD Bumi SiaK Pusako Zapin, pembangunan kontruksi pipa salur gas telah diselesaikan tanpa accident. Tantangan atas kondisi pandemi covid-19 dapat diatasi.

Seremoni daring penyaluran gas [Foto: Dok. SKK Migas – GOOD INDONESIA]

General Manager (GM) BOB PT BSP-Pertamina Hulu Raihan pada kesempatan yang sama menyatakan rasa syukurnya. Pihaknya mendapatkan suplai gas dari PHE Jambi Merang (Kabupaten Musi Banyu Asin) yang disalurkan menggunakan jalur pipa TGI (Trans Gas Indonesia) sampai Koto Gasip, yang selanjutnya disalurkan oleh Pertagas dari Koto Gasip ke ORF sepanjang 67 kilometer.

“Penyaluran gas ini meningkatkan jaminan ketersediaan listrik untuk kepentingan operasi dan menurunkan biaya operasional. Pembangkit listrik sebelumnya menggunakan BBM diesel,” ungkap Raihan

Turut hadir dalam kegiatan ini, antara lain Menteri ESDM yang diwakili Plt. Dirjen Migas Kementerian ESDM, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Bupati Siak, dan Pjs. Kepala SKK Migas Sumbagut. []GOOD INDONESIA-ANG


Like & Subscribe: Kanal Youtube GOOD TV


[INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here